Jadwal Keberangkatan Haji Tunggu Informasi, 72 Calon Jamaah Dijadwalkan Berangkat Tahun ini

  • Whatsapp
foto yogi/mlo

Medialampung.co.id – Pemerintah Provinsi Lampung dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung bersama seluruh Kabupaten/kota di Provinsi Lampung menggelar rapat bersama melalui jaringan Video Conference (Vidcon) untuk membahas pelaksanaan ibadah haji tahun 2020.

Dalam rapat tersebut, pemkab Pesbar diwakili oleh Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Audi Marpi, M.M., didampingi oleh Kabag Kesra Herman, S. Ip., yang dilaksanakan di Ruang Batu Gughi Setdakab Pesbar,  Kamis (14/5).

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Audi Marpi menyampaikan bahwa jumlah calon jamaah haji asal kabupaten Pesbar tahun 2020 sebanyak 74 orang, dari jumlah itu dua orang akan mengikuti keberangkatan Provinsi sehingga jumlahnya menjadi 72 orang.

”Dari jumlah itu, sebanyak 69 orang calon jamaah haji telah melakukan pelunasan biaya keberangkatan haji tahun ini, begitu juga pendamping jamaah haji asal Pesbar telah melakukan pelunasan biaya haji,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelunasan biaya haji tahun ini, batas akhirnya hingga 20 mei mendatang, sampai sekarang masih ada dua orang calon jamaah haji yang belum melakukan pelunasan biaya haji tahun ini.

”Kita sudah menghimbau agar para jamaah haji segera melunasi biaya haji, apalagi sekarang hanya dua orang calon jamaah yang belum melakukan pelunasan,” jelasnya.

Sementara itu, terkait jadwal keberangkatan, masih sesuai dengan jadwal awal dimana secara nasional keberangkatan pertama akan dilaksanakan 26 Juni mendatang dan keberangkatan terakhir pada 25 Juli. Sedangkan untuk kepulangan jamaah haji akan dimulai pada 6 agustus dan berakhir pada 25 Agustus.

”Tapi, untuk jadwal keberangkatan calon jamaah haji asal Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Pesbar, masih menunggu informasi resmi dari pemerintah pusat,” terangnya.

Selain itu, dengan kondisi sekarang ini, pemerintah pusat masih melakukan koordinasi dengan Kerajaan Arab Saudi, meski sudah beberapa kali dilakukan koordinasi, tapi hingga kini belum ada jawaban resmi dari Kerajaan Arab Saudi.

”Berdasarkan informasi dari Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, pemberitahuan resmi dari Kerajaan Arab Saudi akan disampaikan pada 25 Mei mendatang, kita berharap sudah ada jawaban saat itu,” ujarnya.

Selain itu, jika ada informasi yang beredar terkait pembatalan keberangkatan jamaah haji tahun ini, kita pastikan tidak benar, karena sampai sekarang belum ada informasi resmi dari pemerintah pusat terkait pembatalan itu.

”Terkait kelanjutan keberangkatan jamaah haji, pemerintah juga masih menunggu informasi dari Kerajaan Arab Saudi, pembatalan bisa saja dilakukan jika persiapan tidak cukup waktu karena informasi yang diterima berdekatan dengan persiapan keberangkatan,” pungkasnya. (yogi/d1n/mlo)



Pos terkait