Jaga Kebugaran di Masa Pandemi, Kampung Sri Basuki Gerakkan Posyandu Lansia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Posyandu biasanya edentik dengan kesehatan anak dan balita, akan tetapi sebenarnya lansia pun membutuhkan posyandu, untuk memeriksa seputar kesehatan orang lanjut usia (lansia).

itulah yang mendasari Kampung Sribasuki Kecamatan Negeri Besar untuk menggalakkan  posyandu lansia, yang dilaksanakan setiap tanggal 5 setiap bulan. 

“Setiap tanggal 5 , kita adakan pemeriksaan terhadap lansia secara gratis, mulai dari tensi darah cek kalau kepala pening pusing gitu, terus pemeriksaan denyut jantung dan juga penyuluhan seputar kegiatan lansia,” ujar Muslikah, ketua kader posyandu lansia kampung Sribasuki.

Lebih jauh, Muslikah menerangkan bahwa, Posyandu lansia di Kampung Sribasuki memiliki sekitar 30 orang anggota lansia berusia 60-80 tahun yang berasal dari beberapa dusun. Dimana Dengan adanya pemeriksaan kesehatan gratis juga penyuluhan, yang ia lakukan diharapkan para lansia bisa mengetahui kondisi kesehatannya. 

“Pelaksanaan posyandu lansia tersebut kami lakukan dari jam 08.00-12.00 WIB, kemudian diakhiri dengan makan siang. Ada pula pemberian makanan tambahan, kita juga mengadakan senam lansia, seperti senam diabetes, lalu melakukan gerakan tangan membuka tutup lalu meremas, tujuannya agar tangan tidak kebas. Pinggang juga kita putar, kita geal-geolkan karena sering ya lansia ini ada pegal-pegal di pinggang, jadi dengan gerakan-gerakan teratur dan terarah seperti itu diharapkan keluhan pegal linu si lansia akan berkurang,” tegas Muslikah. (wk1/mlo)

Pos terkait