Jaga Keharmonisan, Kepala Kampung Bonglai Gotong Royong Bersama Warga

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berbagai upaya dilakukan seorang pemimpin untuk mencapai keharmonisan warganya, salah satunya seperti yang dilakukan Iwan Setiawan, SH, Kepala Kampung Bonglai Kecamatan Banjit yang mengajak seluruh elemen masyarakatnya untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dengan cara melakukan gotong royong membersihkan lingkungan.

Bukan hanya menghimbau, Iwan mengajak seluruh perangkat Kampungnya mulai dari Kadus, RT turun langsung berbaur melakukan gotong royong bersama warga dusun 2 Kampung Bonglai, Jumat (24/9).

Bacaan Lainnya

“Disaat kita bertemu di lapangan bersama warga semua tidak ada jarak, mereka bisa menyampaikan apa saja, dan langsung kita carikan solusi bersama, sehingga masalah itu tidak berlarut larut, dan gotong royong ini sudah kami sepakati dengan Kadus, RT dan seluruh elemen masyarakat untuk membuatkan jadwal paling tidak satu minggu sekali di setiap dusun, sehingga kedepan tidak ada lagi parit-parit yang buntu dan jalan-jalan yang serut, oleh sebab itu perangkat masing-masing harus menggerakkan warganya untuk bergotong royong paling tidak masyarakat bertanggung jawab membersihkan lingkungan dan pekarangan di sekitar rumahnya masing-masing, apabila sudah bertanggung jawab membersihkan masing-masing sudah pasti lingkungan bersih,” ujar Iwan.

Menurutnya, pemerintah sudah membangun jalan, dan sudah menjadi tugas masyarakat untuk memelihara fasilitas tersebut dengan cara merawat dan membersihkannya.

“Sebenarnya masyarakat sangat mudah di bawa bergotong royong asalkan ada yang menggerakkannya, oleh sebab itu para perangkat kampung bertanggung jawab untuk menggerakan warganya masing-masing untuk melaksanakan kegiatan gotong royong dalam wilayah masing-masing,” kata Iwan.

Dia berharap sepanjang jalan dalam wilayah kampung masing-masih bisa dibersihkan, karena wilayah Kampung Bonglai merupakan penghubung antara beberapa kampung yang ada di Kecamatan Banjit.

Selain jalan Kabupaten, jalan Kampung jalan-jalan ke kebun juga harus dibersihkan. 

”Setiap warga masyarakat pulang dari kebun atau ladang diharapkan menyempatkan waktu 5-10 menit untuk membersihkan jalan kebunnya, jika setiap hari dilakukan seperti pembersihan sudah pasti jalan menuju kebun bersih, dan anggap saja kegiatan tersebut sebagai olahraga,” ajak kepala Kampung.

“Sekali lagi saya menghimbau dan berharap kepada seluruh aparatur kampung bisa membawa warganya membersihkan lingkungannya masing-masing untuk membantu Pemerintah Kampung, karena jika hanya kepala Kampung sendiri membangun bonglai ini tentu saja tidak bisa oleh sebab itu perlu dukungan dan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama kita membangun Bonglai yang kita cintai ini menuju Hari Esok Lebih Baik,” harapnya.(sah/mlo)


Pos terkait