Jaga Kekondusifan Jelang Pilkada, Kapolres Lambar Kunjungi Parpol

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka menciptakan situasi kondusif menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) pada 9 Desember 2020, Polres Lampung Barat (Lambar), menggelar silaturahmi ke sejumlah partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Pesbar, Rabu (19/8).

Dalam kegiatan itu, Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., mengatakan bahwa kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan ke sejumlah Parpol di Kabupaten Pesbar ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan serupa yang telah dilaksanakan oleh jajaran Polres Lambar sebelumnya dan saat ini baru bisa dilaksanakan kembali untuk menjalin silaturahmi seperti dengan partai Gerindra, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan partai Golkar.

Bacaan Lainnya



“Kunjungan ini sebelumnya juga telah dilakukan sejak Juli 2020 lalu yang ke organisasi keagamaan yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah, serta partai Perindo,” katanya.

Selanjutnya, kata Rachmat, silaturahmi kedepan akan dilanjutkan ke Parpol lainnya yang ada di Kabupaten Pesbar. Kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan ini tentu diharapkan dapat menciptakan situasi kondusif menjelang Pilkada serentak 2020. Sehingga tercapai Pilkada yang aman, damai dan sejuk serta hasilnya dapat diterima masyarakat.

“Untuk itu peran serta Parpol, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta masyarakat maupun semua pihak terkait lainnya sangat diharapkan dalam rangka mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkada Pesbar 2020 mendatang,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu Kapolres Lambar juga didampingi Kasat Intel AKP Dyvia Ardianto, S.Ik, serta Kanit Politik Aipda Umar.

Sementara itu, Ketua DPC PBB Kabupaten Pesbar,  Aris Ikhwanda, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan rasa bangga terhadap Kapolres Lambar yang telah bersedia mengunjungi kantor DPC PBB Kabupaten Pesbar untuk menjalin silaturahmi maupun sosialisasi dalam rangka menjaga kekondusifan menjelang maupun saat pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Pesbar ini.

“Kita sangat mengapresiasi dan bangga dengan kehadiran Kapolres Lambar, karena ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian dari jajaran Kepolisian menjelang pesta demokrasi di Pesbar pada 9 Desember 2020 mendatang,” jelasnya.

Lanjutnya, kunjungan tersebut sangat bermanfaat menjelang Pilkada 2020, karena disamping untuk menciptakan rasa damai dan kondusif, juga untuk menjaga silaturahmi. Karena itu, dalam menghadapi Pilkada di Kabupaten Pesbar yang saat ini masih dalam proses tahapan oleh penyelenggara dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU), tentu DPC PBB Kabupaten Pesbar akan terus berupaya untuk menjaga kekondusifan wilayah, sehingga kedepan pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berlangsung aman dan damai.

“PBB siap untuk menjaga kekondusifan wilayah dalam pelaksanaan Pilkada Pesbar, untuk itu kita juga mengimbau jajaran kepengurusan di internal PBB tetap mendukung dan menjaga situasi yang kondusif tersebut,” ujarnya.

Sementara itu ketika disinggung terkait dengan rekomendasi bakal calon Bupati-Wakil Bupati Pesbar dari PBB serta rencana koalisi partai dalam Pilkada Pesbar 2020, Dang Mex–sapaan Aris Ikhwanda, mengatakan saat ini PBB belum menentukan sikap terutama untuk koalisi partai. Namun, PBB Pesbar masih menerima masukan maupun saran dari tokoh masyarakat untuk mencari bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pesbar terbaik.

“Sembari menunggu keputusan DPP PBB, kita masih meminta sumbang saran dari masyarakat. Sedangkan untuk komunikasi politik dengan parpol lain hingga kini masih terus terjalin,” jelasnya.

Dalam kunjungan di DPC PBB Kabupaten Pesbar itu juga dihadiri ketua penjaringan bakal calon bupati-wakil bupati PBB Pesbar, Maulana Kautsar, Badan Kehormatan DPC PBB Pesbar Lazuardi serta sejumlah kader DPC PBB Kabupaten setempat.(yan/mlo)



Pos terkait