Jaga Stok Pangan di Lamteng, 33 LPM dan 211 LSM Disiapkan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dalam mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, dan ketahanan pangan, Pemkab Lampung Tengah menetapkan cadangan pangan masyarakat. Di Lamteng ada 33 lumbung pangan masyarakat (LPM) yang tersebar di 28 kecamatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lamteng Jumali menyatakan ada 33 LPM yang tersebar di 28 kecamatan. 

Bacaan Lainnya



“Kalau LPM di Lamteng ada 33 dengan stok gabah 353,1 ton. Sebanyak 33 LPM ini tersebar di 28 kecamatan,” katanya.

Selain itu, kata Jumali, di Lamteng ini juga lumbung swadaya masyarakat (LSM) sebanyak 211. “LSM ada 211 dengan stok gabah 463,6 ton,” ujarnya.

Untuk penggilingan gabah, kata Jumali, cukup banyak. “Banyak kalau penggilingan. Ada 1.623 tempat dengan stok gabah 4.057 ton,” ungkapnya.

Jumali melanjutkan, Lembaga Usaha Pangan Masyarakat (LUPM) di Lamteng ada 24. “Ada 24 LUPM yang tersebar di 28 kecamatan,” katanya.

Sebelumnya dalam kunjungan kerja di Kecamatan Trimurjo, Mentan RI Syahrul Yasin Limpo meminta setiap kampung harus ada lumbung untuk menjaga ketersediaan pangan. 

“Setiap kampung dan kecamatan harus ada lumbung untuk menjaga ketersediaan pangan. Sebab, ancaman kekeringan dan kegagalan produktivitas pertanian juga ada di depan mata,” ungkapnya beberapa waktu lalu. (sya/mlo)



Pos terkait