Jajaran Disdikbud Lampung Peringati Hardiknas Melalui Vidcon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam situasi Pandemi Covid-19, Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung tetap memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Sabtu (2/5).

Disdikbud Lampung memperingati Hardiknas dengan menggelar acara sederhana, diisi sambutan dari Kepala Disdikbud Provinsi Lampung Drs. H. Sulpakar, MM, secara virtual melalui video conference (Vidcon) dari Kantor Disdikbud Lampung.

Bacaan Lainnya



Peringatan Hardiknas melalui Vidcon pidato Kadisdikbud ini diikuti oleh Kepala Cabang Dinas (Kacabdin Dikbud) Wilayah Satu sampai Wilayah Tujuh, Pengawasan SMA, SMK SLB, Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB Lampung.

Sulpakar, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa akhir-akhir ini berbagai negara di dunia tengah dikejutkan dengan wabah penyakit Coronavirus Diseases 2019 (Covid-19). Wabah virus ini penularannya sangat cepat dan menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus Covid-19 sebagai pandemi dunia.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri melalui Keputusan Presiden No.12/2020 tentang Penetapan Bencana Non Alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional. 

“Pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan secara tiba-tiba dalam keseharian individu dan aktivitas masyarakat, membawa dampak perubahan yang luar biasa untuk semua bidang. Salah satunya bidang pendidikan, sehingga belajar dari rumah merupakan keniscayaan,” ungkap Sulpakar.

Sulpakar juga menambahkan, akibat dari Covid-19 peserta didik harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah, baik melalui sarana dalam jaringan (daring) maupun luar jaringan (luring). Namun, tidak semua peserta didik maupun pendidik memiliki kemampuan untuk mengakses platform pembelajaran daring secara optimal. 

Transformasi dan adaptasi menjadikan peranan orang tua sebagai kunci keberhasilan untuk menghadapi situasi saat ini.

“Orang tua sebagai pintu pertama perubahan dan harus mampu bertransformasi dan beradaptasi terlebih dahulu, sehingga orang tua mampu menjadi pendamping atau mentor perubahan bagi anak-anaknya di rumah. Orang tua harus mampu belajar kembali bersama anak-anak di rumah. Sekaligus, menanamkan pola berpikir yang positif sehingga menghadapi pandemi ini sebagai sebuah pola hidup baru yang harus dibiasakan untuk dijalani,” tutup Sulpakar. (*/mlo)



Pos terkait