Jalan Amblas di Way Tenumbang Mulai Diperbaiki

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ruas jalan lintas barat (jalinbar) yang amblas di jembatan Way Tenumbang, Pekon Sukarame Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kini mulai diperbaiki. Ditargetkan hingga Desember 2020 mendatang selesai dikerjakan.

PPK 07 Satker PJN wilayah II Lampung, Masudi, S.T, M.T., mengatakan kini perbaikan jalan amblas di jembatan Way Tenumbang itu sudah dimulai. Dirinya berharap secepatnya selesai dan tidak ada kendala, mengingat lokasi jalan amblas itu tepat di pinggir sungai yakni di abudmen jembatan utama.

Bacaan Lainnya



“Kendala yang dikhawatirkan salah satunya aliran sungai itu banjir,  kita berharap tidak terjadi banjir selama pengerjaan perbaikan jalan amblas itu,” katanya, Kamis (16/7).

Sehingga, kata dia, pengerjaannya berjalan lancar sampai dan selesai tepat waktu serta dapat dilalui kendaraan. Pihaknya juga masih terus memantau  perbaikan jalan amblas di jembatan itu, kini masih tahap proses pemasangan tiang pancang, dan pengerjaan lainnya.

“Lokasi jalan amblas itu sangat rentan diterjang arus sungai, karena itu dalam pengerjaannya harus benar-benar maksimal, sehingga pinggir jalan itu tidak lagi tergerus,” jelasnya.

Ditambahkannya, perbaikan badan jalan amblas itu sebelumnya sudah direncanakan sejak awal tahun 2020 lalu, karena ada berbagai kendala yang berkaitan dengan anggaran, sehingga baru bisa dilaksanakan pada pertengahan Juli 2020. Meski begitu tidak terlalu berdampak terhadap kondisi arus lalulintas di lokasi tersebut.

“Di lokasi ruas jalinbar yang melintasi aliran sungai Way Tenumbang ini ada dua jembatan, sehingga arus lalulintas bisa dialihkan ke jembatan yang satunya,” katanya.

Sementara itu, lanjut Masudi, untuk kondisi jembatan lainnya di wilayah ruas jalinbar di Pesbar terutama di wilayah kerja PPK 07 mulai dari simpang Gunung Kemala Kabupaten Pesbar sampai simpang Sanggi Kabupaten Tanggamus rata-rata masih dalam kondisi baik.

“Meski begitu hingga kini tetap dalam pemeliharaan, termasuk kondisi ruas badan jalinbar itu jika terjadi kerusakan tetap diupayakan untuk segera ditangani,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait