Jalan Rusak Parah, Warga Adijaya Harapkan Pemkab Waykanan Lakukan Perbaikan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Warga Kampung Adi Jaya Kecamatan Negara Batin Kabupaten Waykanan mengharapkan pemerintah setempat dapat memperbaiki jalan kabupaten yang ada di Kampung tersebut karena merupakan akses vital warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan sosial sebelum bertambah parah dan akan semakin banyak biaya yang dikeluarkan. 

“Jalan yang menghubungkan Kampung Adi jaya ke Kampung Gedung Jaya ini semakin hari kondisinya semakin rusak parah dan tak layak untuk dilalui, berbagai cara telah dilakukan masyarakat kampung Adi Jaya mulai dari mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten, sampai dengan meminta bantuan ke Perusahaan swasta seperti PT  Pemuka Sakti Manisindah (PT. PSMI) namun semuanya seolah sia-sia,” ujar Toni, warga setempat.

Bacaan Lainnya

Lebih jauh Toni menerangkan, Kepala Kampung setempat, Jarot, semasa masih menjabat, dan para tokoh masyarakat setempat, serta Tokoh adat dan tokoh agama sudah berupaya mengajukan permohonan kepada pemerintah kabupaten Waykanan dan juga ke Perusahaan terdekat, namun belum juga terealisasi, padahal jalan itu  merupakan akses utama bagi masyarakat petani, anak sekolah, dan merupakan jalan penghubung antar kampung yang ada di kecamatan Negara Batin serta penghubung antar kabupaten. 

Terpisah, Rohmat, warga Kampung Gedung Jaya Kecamatan Negara Batin menambahkan bahwa hal yang paling menyedihkan yakni ketika melihat anak-anak mereka berangkat dan pulang sekolah tak sedikit dari anak-anak sekolah yang harus terjatuh di jalan tersebut. 

“Terkadang saya nggak tega melihat anak-anak kami sekolah ketika melintasi jalan itu banyak sekali mereka yang jatuh terpeleset, apalagi kalau musim penghujan seperti sekarang ini,” keluh Toni.

Dirinya berharap jalan tersebut bisa segera diperbaiki oleh Pemkab setempat, selain agar masyarakat lebih cepat dalam memanfaatkan serta mengelola hasil bumi, anak-anak juga bisa semakin bersemangat untuk ke sekolah. 

“Untung sekarang musim pandemi corona dan anak-anak sekolah daring, kalau tidak mereka banyak yang tidak sekolah dengan alasan takut pakaian mereka kotor karena kondisi jalan yang becek dan kerap menyebabkan mereka terjatuh,” ujar Rohmat, warga lainnya.

Sementara itu, Camat Negara Batin, A. Rozi, saat dikonfirmasi terkait dengan kerusakan jalan tersebut menyatakan telah melaporkannya ke Pemkab Waykanan khususnya ke Dinas Pekerjaan Umum. 

“Sudah saya sampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum Waykanan akan tetapi tentang kapan diperbaiki saya sendiri tidak tahu karena pemkab Waykanan tentu telah memiliki semua catatan dan mana yang harus menjadi prioritas,” ujar Rozi.(wk1/mlo)


Pos terkait