Jalan Wayheni-Danau Asam Ditarget Mulus Tahun Ini

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tahun anggaran 2020 ini Pemkab Lampung Barat, menganggarkan Rp3 miliar lebih untuk penanganan lanjutan jalan menuju lokasi wisata Suoh, atau ruas Wayheni Pekon Gunungratu hingga Danau Asam atau perbatasan Pekon Sukamarga Kecamatan Suoh.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Okmal, M.Si., mengatakan, salah satu ruas jalan milik kabupaten tersebut kondisinya di beberapa titik masih berupa pengerasan jalan berupa onderlagh, dan akan ditingkatkan pada tahun ini sehingga masyarakat yang  melintas atau yang hendak menuju lokasi wisata bisa lebih nyaman.

Bacaan Lainnya



”Tahun ini ruas jalan tersebut kami targetkan mulus, anggaran yang disiapkan sebesar Rp3 miliar, namun bentuk pembangunannya apakah berupa pengaspalan atau rigit beton itu teknisnya di DPUPR, namun yang jelas beberapa titik yang saat ini kondisinya masih belum nyaman dilintasi kendaraan kami targetkan mulus,” ungkap Okmal seraya menambahkan, selain ruas tersebut terdapat sejumlah ruas jalan lainnya juga akan ditangani tahun ini.

Sementara itu, kata dia, untuk ruas jalan utama Batubrak-Suoh yang merupakan kewenangan pemerintah Provinsi Lampung tahun ini dianggarkan Rp4 miliar lebih, namun dengan masih panjangnya ruas yang belum tertangani  yakni sembilan kilometer lagi, maka tentunya tidak bisa ditangani seluruhnya pada tahun ini.

”Pemprov menganggarkan Rp4 miliar untuk jalur Batubrak-Suoh, sementara yang kondisinya masih parah itu sekitar sembilan kilometer lagi, jadi kemungkinan besar titik-titik yang akan ditangani tahun ini hanya titik terparah saja, artinya tidak semua bisa ditangani di tahun ini,” ujarnya.

Pihaknya berharap, kata dia, kedepannya anggaran untuk pembangunan ruas jalan tersebut bisa lebih ditingkatkan, sehingga tidak ada lagi titik-titik yang  sulit dilintasi kendaraan khususnya pada saat musim penghujan seperti sekarang ini.

”Kalau misalnya semua titik telah tertangani, maka ke Suoh itu  bisa kurang dari satu jam, sebenarnya tinggal beberapa titik lagi yang parah, dan jika itu sudah ditangani semua oleh Pemprov maka tentunya masyarakat akan lebih nyaman dan perekonomian masyarakat juga semakin meningkat,” pungkasnya. (nop/lus/mlo)



Pos terkait