Jalinbar Bisa Dilalui, Pengendara Diimbau Tetap Waspada

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Meski titik tanah longsor di jalan lintas barat (Jalinbar) di Perbatasan antara Pekon Pemancar dan Pekon Gedau Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kini bisa dilalui setelah material longsor dibersihkan, tapi pengendara tetap diimbau supaya berhati-hati saat melintas di jalur longsor itu. Pasalnya, di kedua sisi badan jalan masih terdapat tumpukan material longsor, sehingga berpotensi turun kembali saat hujan deras, karena posisi tanah masih labil.

Kapolsek Pesisir Utara AKP. Suhairi, mendampingi Kapolres Lambar, AKPB Rachmat Tri Hariyadi, S. Ik., M.H., mengatakan pembersihan material tanah longsor tidak dapat dilaksanakan secara maksimal, karena dua dari tiga alat berat yang digunakan mengalami kerusakan.

Bacaan Lainnya



“Dua alat berat yang rusak itu saat ini masih di lokasi longsor, tapi pembersihan material tidak bisa dilanjutkan karena tidak ada alat berat yang siaga di lokasi,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam tiga hari terakhir kondisi cuaca cukup cerah, tidak terjadi hujan deras yang berlangsung cukup lama seperti Kamis (9/1) lalu, yang mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Kabupaten setempat.

“Alhamdulillah dalam tiga hari ini kondisi cuaca mulai bersahabat, tidak lagi terjadi hujan deras, dan lokasi longsor sudah bisa dilalui oleh kendaraan, bahkan arus lalulintas sudah lancar,” jelanya.

Menurutnya, pembersihan material longsor itu harus dibersihkan dengan maksimal, jangan lagi ada tumpukan material longsor karena akan sangat berbahaya bagi pengendara, terutama saat hujan deras kembali mengguyur wilayah tersebut.

“Kita sudah minta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) serta Dinas Lingkungan Hidup agar segera memperbaiki alat berat yang rusak itu dan melanjutkan pembersihan material longsor itu,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait