Jalur Independen di Pesbar Masih Sepi Peminat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hari kedua penyerahan berkas dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) 2020, melalui jalur perorangan atau independen ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesbar, sejak Rabu (19/2) hingga Kamis (20/2) masih sepi peminat.

Anggota KPU Pesbar Divisi Teknis, Ramzi, mengatakan penyerahan berkas dukungan untuk pasangan calon bupati-wakil bupati melalui jalur independen itu di jadwalkan mulai Rabu sampai Minggu (19-23/2) mendatang.

Bacaan Lainnya



Meski dihari kedua ini belum ada pasangan caden yang menyerahkan berkas dukungan ke KPU setempat, tapi KPU Pesbar tetap akan melaksanakan sesuai proses tahapan yang ada.

“Kami masih menunggu bagi siapapun masyarakat di Kabupaten Pesbar yang akan mengikuti kontestasi Pilkada serentak 2020 melalui jalur independen itu,” katanya.

Diakuinya, sejauh ini belum ada masyarakat dan pihak yang kembali berkoordinasi atau konsultasi ke KPU Pesbar tentang pasangan calon melalui jalur independen.

Dalam persiapan untuk pasangan calon yang akan maju di Pilkada melalui jalur independen, pihaknya telah mempersiapkan seluruh kebutuhan kelengkapan untuk verifikasi berkas dukungan dan lainnya.

“Sesuai jadwal jika sampai pukul 24.00 WIB pada Minggu (23/2) atau hari terakhir tidak ada yang menyerahkan berkas dukungan, maka pada Pilkada Pesbar tidak ada pasangan calon independen,” jelasnya.

Tapi, kata dia, KPU Pesbar masih tetap akan menunggu dan terbuka bagi masyarakat yang ingin berkoordinasi terkait jalur independen atau perorangan itu. Pasalnya, dalam pencalonan melalui jalur independen syarat dukungan minimal 11.235 jiwa yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

“Dukungan pasangan calon independen itu harus tersebar di enam kecamatan dari 11 Kecamatan di Pesbar,” ujarnya.

Sementara itu, ketika disingung mengenai adanya Liasion Officer (LO) Aria Lukita Budiwan (ALB), yang telah menyampaikan surat mandat ke KPU Pesbar terkait rencana akan maju melalui jalur perorangan.

Diakuinya bahwa Rabu (19/2), LO dari Aria Lukita Budiwan telah berkoordinasi kembali ke kantor KPU setempat untuk menarik surat mandat, karena yang bersangkutan (ALB, red) batal mencalonkan diri melalui jalur independen.

“Karena itu sampai sekarang, terkait jalur independen ini belum ada  pasangan calon yang berkoordinasi ke KPU Pesbar,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait