Jalur Sukabumi – Suoh Masih Lumpuh Total

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Hingga pukul 18:00 Wib. Akses jalur Sukabumi- Suoh yang mengalami longsor di dua titik tepatnya di Pemangku di pemangku V Waikuol, Pekon Kegeringan, dan Pemangku III Bunguyan, Pekon Balak, Kecamatan Batubrak, Kabupaten Lampung Barat masih lumpuh total.

Pasalnya, upaya penanganan yang dilakukan oleh Pemkab Lambar masih terhambat oleh kerusakan alat berat. 

Bacaan Lainnya



Namun, tim BPBD, Pemerintah Kecamatan Batubrak, dan pemerintah pekon tak kehabisan akal, mereka telah meminta bantuan PT Tiga Oregon Putra agar dapat membantu proses evakuasi material longsor mengingat perusahaan tersebut memiliki alat berat yang sedang beroperasi dalam pelaksanaan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) yang tidak jauh dari lokasi titik longsor.

“Saat ini belum ada upaya untuk evakuasi material longsor, karena alat berat milik pemkab lambar sedang mengalami kerusakan,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik, Mekal Novisa mendampingi Plt. kepala BPBD Ismet Inoni.

Sejauh ini, kata dia,  kondisi longsor di dua titik ruas jalan provinsi tersebut cukup parah, dimana satu titik di wilayah Pemangku Waykuol material longsor yang menutupi badan jalan tersebut  mencapai sekitar 40 Meter. Sementara di wilayah bunguyan, Pekon Balak material longsor mencapai sepanjang 50 Meter.

“Sebetulnya itu jalan provinsi yang kewenangan penanganan ada pada mereka. Tapi kalau harus menunggu alat berat milik Provinsi tentu akan memakan waktu yang lama,” kata dia.

Dengan kondisi itu, pihaknya bersama Camat Batubrak Sri Wiyatmi, pemerintah pekon setempat telah meminta bantuan pada manajemen PT Tiga Oregon Putra, yang tengah melaksanakan pembangunan  PLTMH dan tidak jauh dari lokasi titik longsor

“Alhamdulillah mereka siap membantu kita karena  pembangunan PLTMH lokasi juga tidak jauh dari lokasi longsor, Tapi, mereka minta surat pernyataan  apabila ada kerusakan maka kita bersedia menanggung. namun untuk operasional dari mereka, dan surat tersebut sudah kita tandatangani,” imbuhnya.

Untuk penanganan sementara yang telah dilakukan tim BPBD yaitu membersihkan pohon tumbang berada diatas material longsor.(edi/mlo)



Pos terkait