Jamaah Haji 2020 Berangkat Tahun Depan

  • Whatsapp
Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag kota Bandarlampung Abdulah Basid

Medialampung.co.id – Pemerintah RI melalui Kementerian Agama secara resmi membatalkan pemberangkatan jamaah haji tahun 2020.

Kepala Seksi Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag kota Bandarlampung Abdulah Basid mengatakan, pada tanggal 26 Juni semestinya kloter pertama telah berangkat, namun kondisi yang tidak memungkinkan memaksa pemerintah pusat untuk membatalkan pemberangkatan haji tahun 2020.

Bacaan Lainnya



“Tinjauannya lengkap dari kedutaan Arab Saudi maupun secara fikih makositisyar’i  yang tertuang dalam Keputusan menteri agama No.494/2020, apabila jemaah haji tidak berangkat otomatis mereka akan menjadi jamaah tahun 2021 atau 1442 Hijriah,” katanya.

Selain itu, bagi jamaah yang melunasi tahun ini akan berangkat tahun depan dan bagi jemaah haji yang tidak menarik pelunasannya maka dana pelunasan hajinya dikelola secara terpisah oleh BPKH. 

Kemudian sudah diatur oleh Keputusan Menteri Agama juga soal hasil pengendapan pelunasan ini nanti akan dikembalikan ke jamaah, yang nilai manfaat atau optimalisasinya diatur 30 hari sebelum pemberangkatan kloter pertama tahun depan.

“Kalau yang tahun ini diberangkatkan tahun depan otomatis yang tahun depan diberangkatkan mundur menjadi tahun 2022 kecuali dari Kerajaan Arab Saudi menambah kuota 100 persen tetapi itu hal yang tidak mungkin,” ungkapnya

Basid menjelaskan tempatnya sudah tidak cukup, Kota Mina sudah tidak muat diisi jamaah yang saat ini sudah membludak maka tidak memungkinkan jika harus menambah kuota 100 persen.

“Kuota Indonesia tahun ini 221 ribu jamaah dibagi menjadi dua kelompok jamaah haji khusus dan reguler karena tahun kemarin ada penambahan 10 ribu dan tahun ini belum ada,” ujarnya.

“Penambahan untuk kuota Provinsi Lampung 7.050 jamaah dan Bandarlampung yang masuk estimasi kuota 1.497, sampai hari ini jamaah Bandarlampung yang siap berangkat 1.310 yang telah masuk kuota,” pungkasnya.(*/mlo)



Pos terkait