Janjikan Jadi Security, Seorang Pria Asal Banten Diringkus Polisi 

Medialampung.co.id – Satuan Reserse dan Kriminal Polres Waykanan berhasil mengamankan tersangka penipuan yang menawarkan pekerjaan sebagai security di salah satu perusahaan swasta di Kabupaten Waykanan, Minggu (15/5) 

Tersangka berinisial SY alias Rizal (41) warga Kelurahan Pamulang Kecamatan Pamulang Timur Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. 

Bacaan Lainnya


Kapolres Waykanan AKBP Teddy Rachesna melalui Kasat Reskrim AKP Andre Try Putra mengatakan kronologis kejadian terjadi pada Senin, 23 November 2020 silam. 

Tersangka menjanjikan kepada Ruli warga km 10 Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk Waykanan untuk dapat diangkat jadi Satpam / Security di salah satu Perusahaan yang ada di Waykanan dengan meminta imbalan Rp.3.000.000

Bermula saat korban bertemu dengan SY yang menawarkan pekerjaan sebagai security salah satu perusahaan swasta di Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Waykanan. 

Namun seminggu sebelum kejadian di hari Minggu, 15 November 2020, terlapor memberitahukan kepada korban tentang adanya biaya untuk pembuatan baju seragam security serta pembuatan KTA (Kartu Tanda Anggota) sebesar Rp 3. juta rupiah dan korban saat itu menyanggupinya. 

Selanjutnya pada esok harinya pukul 07.00 WIB, pelaku datang ke rumah korban dan istri korban memberikan uang yang diminta pelaku beserta dengan pembuatan kwitansi penyerahan uang tersebut. 

Setelah itu, pada Selasa, 24 November 2020 pukul 08.00 WIB korban bertemu dengan pelaku di perusahaan swasta bertempat di Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk dan memberitahu bahwa korban sudah bisa bekerja sebagai security mulai bulan Januari 2021. 

Sementara, di Pemukiman di KM 10 Kampung Negeri Baru, Umpu Semenguk juga pelaku melakukan penipuan terhadap Korban an. M. Zaenuri dengan modus yang sama pada Senin, 23 Nopember 2020 pukul 10.00 WIB. 

Atas kejadian itu, kedua Korban baru menyadari, karena tidak ada kabar lagi dari pelaku tentang pekerjaan yang dijanjikan menjadi security lalu melaporkannya ke Polsek Blambangan umpu untuk pemeriksaan lebih lanjut 

Kronologis penangkapan pelaku, terjadi pada hari Kamis, tanggal 12 Mei 2022 pukul 16.00 WIB, Polsek Blambangan Umpu berhasil mengamankan pelaku tanpa perlawanan di KM 10 Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Waykanan. 

Kini pelaku sudah diamankan di Polsek Blambangan Umpu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dapat dikenai dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP dengan kurungan penjara maksimal empat tahun,” imbuhnya.(sah/mlo)


Pos terkait