Jelajah Ikon Wisata, Kejati Lampung Gowes Bareng Komunitas Goweser Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Menikmati udara pagi dan suasana tenang di Kabupaten Lampung Barat, menambah keakraban rombongan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung yang sedang berwisata ke Kabupaten berjuluk Bumi Beguai Jejama Sai Betik itu, Sabtu (19/6).

Diawali dengan mengunjungi wisata puncak Bukit Bawang Bakung di Pekon Negeriratu, Kecamatan Batubrak pada pukul 06.30 WIB. Trip Rombongan Kepala Kajati Lampung Dr. Heffinur SH. M.Hum, dan Wakil Kajati Lampung Edyward Kaban, S.H. M.H, berlanjut dengan bersepeda bersama Bupati Lambar Parosil Mabsus dan jajaran Forkopimda, serta Komunitas Goweser Lambar yang dikoordinatori oleh Liwa Gowes Comunity (LGC) diikuti oleh GOSS, GT.c, GOCAPI, GSS, Palak GoCo, G-Sock, Goweser RSUDAU, GOKAR, BBC dan Komunitas Sepeda Kejaksaan.

Bacaan Lainnya

Rombongan peserta gowes mengambil start dari Halaman Lamban Gedung Buay Bejalan Di Way, di Pekon Kembahang menuju Kebun Raya Liwa (KRL) di Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit dengan menempuh rute sepanjang sekitar 10 kilometer (KM).

Setibanya di KRL pada pukul 08.30 WIB kegiatan berlanjut dengan penanaman pohon, ramah tamah sekaligus eksplorasi wisata KRL. 

Dalam kesempatan itu, Kepala Kajati Lampung, Dr. Heffinur, S.H.,M.Hum menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dari Bupati Lambar dan jajaran forkopimda serta komunitas Goweser Lambar.

“Kami berkunjung ke Lambar ini selain dalam rangka silaturahmi, juga ingin melihat beberapa destinasi wisata yang ada dan Alhamdulillah patut di syukuri dan di banggakan ternyata kabupaten ini memiliki destinasi wisata yang sangat indah dengan suguhan pemandangan bukit yang indah dan beragam tanaman yang ada di Kebun Raya Liwa,” ujarnya.

 

Bahkan, menurutnya destinasi wisata lambar menjadi salah pilihan tepat untuk mengisi waktu berlibur bersama keluarga.

“Kalau mau liburan cocok sekali ke Lambar ini, karena tempatnya sejuk sehingga cocok untuk berwisata sambil berolahraga sepeda,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Parosil Mabsus menyampaikan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Kajati Lampung dan rombongan yang telah berkenan bersilaturrahmi ke Lambar. ia berharap dengan ini dapat menambah sinergi dalam membangun Lampung Barat.

“Lampung Barat ini, Pak Kajati, luas wilayahnya sekitar 2.117 km² dengan mayoritas penduduknya 70% sebagai petani kopi, dan terkenal dengan kopi robustanya,” paparnya.

Selain kopi, Lampung Barat merupakan sentra sayur mayur di 5 kecamatan, dan juga Lampung Barat merupakan daerah yang begitu kaya dengan potensi wisatanya sehingga tersirat istilah bahwa Kabupaten Lambar merupakan sepotong surga.

“Selain Kebun Raya Liwa, Lampung Barat mempunyai Danau Ranau di Kecamatan Lumbok Seminung, ada Negeri di Atas Awan tepatnya di Bukit Gerdai Bawang Bakung di Kecamatan Batu Brak, dan wisata yang satu-satunya ada di Indonesia yaitu Kawah Nirwana dan Keramikan yang ada di Kecamatan Suoh,” teranganya.

Selain itu, lanjutnya, Lampung Barat terdiri dari 131 Pekon dan lima Kelurahan dengan suasana masyarakatnya paling guyub dengan angka kriminalitas paling rendah di provinsi Lampung.

“Semoga dengan terjalinnya silaturahmi dari kejati lampung dan jajaran ini dapat meningkatkan sinergitas yang baik terkait informasi birokrasi, transparansi anggaran dan lainnya,” tandasnya.(edi)




Pos terkait