Jelang Bulan Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok Stabil

  • Whatsapp
foto lusi/mlo

Medialampung.co.id –  Tim Monitoring Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok Pemkab Lambar melakukan monitoring harga dan stok kebutuhan pokok dan pangan pokok di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Selasa (21/4). 

Tim monitoring harga kebutuhan pokok dan pangan pokok yang terdiri dari Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag), Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Pol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, serta Bagian Perekonomian Setdakab Lambar turun langsung kelapangan menemui para pedagang bahan pokok dan pangan pokok.

Bacaan Lainnya



“Hasil monitoring kita di Pasar Liwa, untuk harga kebutuhan pokok dan pangan pokok menjelang bulan ramadhan ini relatif stabil, bahkan ada yang harganya turun,” kata Ketua Tim Koordinasi Monitoring Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok yang juga Kepala Diskoprindag Yudha Setiawan, S.I.P, Selasa (21/4).  

Menurut dia, berdasarkan hasil monitoring untuk harga daging sapi berkisar Rp120 ribu-Rp130 ribu/Kg, daging ayam potong Rp32 ribu/Kg, telur ayam buras Rp45 ribu per karpet sedangkan perkilonya hanya Rp25 ribu, gula putih non kemasan Rp18 ribu/Kg.

Lalu, cabai merah keriting Rp25 ribu/Kg, cabai merah mulsa Rp20 ribu/Kg, cabai rawit Rp25 ribu-Rp30 ribu/Kg, bawang putih Rp30 ribu/Kg, bawang merah kualitas bagus (brebes) Rp45 ribu-Rp50 ribu/Kg sedangkan kualitas sedang Rp40 ribu-Rp45 ribu/Kg, dan ayam kampung Rp65 ribu/Kg. “Khusus untuk harga beras mengalami penurunan yaitu Rp9 ribu-Rp9500/Kg dari harga sebelumnya berkisar Rp10.500-Rp11.000/Kg. Hal ini dikarenakan petani memasuki musim panen,” ungkap dia seraya menambahkan untuk harga ikan dan sayur mayur relatif stabil.

Masyarakat juga tidak perlu cemas, lanjut Yudha, menjelang bulan ramadhan untuk stok kebutuhan pokok dan pangan pokok yang dijual di sejumlah pasar di Kabupaten Lambar aman dan tidak ada kelangkaan. “Kita berharap harga kebutuhan pokok dan pangan pokok di Kabupaten Lambar tetap stabil baik menjelang bulan ramadhan maupun hari raya Idul Fitri,” pungkas dia. (lusi/mlo)



Pos terkait