Jelang EPP Tingkat Kabupaten, DPMP Gelar Rakor

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lambar menggelar rapat persiapan evaluasi perkembangan pekon (EPP) tingkat Kabupaten Lambar tahun 2020 di aula Dinas Kesehatan, Selasa (3/3/2020).

“Saya berharap tim evaluasi perkembangan pekon tetap solid untuk melakukan evaluasi dan pembinaan kepada pekon. Kita (DPMP) tidak akan mengintervensi tim jadi apapun hasil penilaian nanti itu mutlak keputusan tim evaluasi perkembangan pekon,” ujar Kepala DPMP Ronggur L Tobing, S.I.P, M.Si dihadapan tim EPP serta para camat.

Bacaan Lainnya



Untuk fasilitas, kata dia, diharapkan untuk dilengkapi dan kepada seluruh camat diharapkan apa yang menjadi masukan tim agar dikoordinasikan. “Untuk penilaian EPP tingkat provinsi, harapan kita nanti setelah ada pemenang di tingkat kabupaten agar dilakukan pembinaan paling tidak dua minggu sekali sehingga ketika penilaian sudah benar-benar siap,” ujar dia.

Selain itu, kata Ronggur, tim EPP agar bertanggungjawab penuh selama melakukan evaluasi pekon dan tidak boleh diganti oleh pegawai lain atau diwakili, dan dalam melakukan evaluasi pekon dilakukan dengan analisas dan pengamatan yang tepat terhadap objek yang dievaluasi. “Kita menghimbau kepada tim EPP tidak melakukan pergantian tim atau sesuai dengan SK. Diminta kepada camat agar dapat segera mempersiapkan pelaksanaan EPP tersebut dengan sebaik baiknya dan penuh tanggungjawab,” harapnya seraya menambahkan, EPP tingkat kabupaten tahun 2020 , tim akan didampingi oleh kepada organisasi perangkat daerah (OPD) sebagai ketua rombongan.

Lebih jauh dia mengatakan, sesuai dengan jadwal untuk EPP tingkat Kabupaten Lambar akan dilaksanakan mulai Senin-Kamis (9-19/3/2020), yaitu Senin (9/3) di Pekon Buanyerupa Kecamatan Sukau dan Pekon Padangdalom Kecamatan Balikbukit, Selasa (10/3) di Pekon Bedudu Kecamatan Belalau dan Pekon Canggu Kecamatan Batubrak, Rabu (11/3) Pekon Pampangan Kecamatan Sekincau dan Pekon Atar Bawang Kecamatan Batuketulis, serta Kamis (12/3) penilaian EPP dilaksanakan di Pekon Ujungrembun Kecamatan Lumbokseminung.

Kemudian, Senin (16/3) Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa dan Pekon Puralaksana Kecamatan Waytenong, Selasa (17/3) Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu dan Pekon Way Petai Kecamatan Sumberjaya, Rabu (18/3) Pekon Suka Damai Kecamatan Airhitam dan Pekon Ciptawaras Kecamatan Gedungsurian serta Kamis (19/3) di Pekon Ringinsari Kecamatan Suoh dan Pekon Trimekar Jaya Kecamatan Bandarnegeri Suoh.

Lanjut dia,  adapun  indikator  EPP tahun 2019 berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor2015 tentang evaluasi perkembangan pekon dan kelurahan yaitu evaluasi bidang pemerintah pekon meliputi aspek pemerintahan, kinerja, inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat,  pekon dan kelurahan berbasis teknologi informasi/E-Governent serta pelestarian adat dan budaya.  Lalu, evaluasi bidang kewilayahan pekon meliputi aspek identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta evaluasi bidang kemasyarakatan meliputi aspek yakni partispasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), keamanan dan ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi , penanggulangan kemiskinan, serta perangkat kapasitas masyarakat. “Kita berharap pelaksanaan EPP tahun ini berjalan lancar,” harapnya

Sekadar diketahui, tim penilai lomba EPP tingkat kabupaten terdiri dari  DPMP, Tim Penggerak (TP) PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A). Kemudian, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura  (DTPH), Satuan Polisi Pamong Praja, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik,  Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Perikanan. (lusi/mlo)



Pos terkait