Jelang HUT Lambar ke-30, Perpusda Lambar Kembali Torehkan Prestasi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Menjelang hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke 30, Perpustakaan Daerah (Perpusda) kembali torehkan prestasi yaitu meraih juara III Transformasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021.

“Perpusda Kabupaten Lambar meraih juara III TP-BIS Tingkat Provinsi Lampung, sementara juara I diraih Kabupaten Tanggamus dan juara II Kabupaten Mesuji,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Lambar Yudha Setiawan, S.I.P.

Bacaan Lainnya

Yudha mengungkapkan, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No.23/2014 tentang Pemerintah Daerah yang ditindaklanjuti oleh Peraturan Pemerintah No.18/2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah dimana Perpustakaan ditetapkan sebagai urusan wajib non pelayanan dasar untuk menyediakan layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta kebutuhan masyarakat. 

Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2018 menyelenggarakan kegiatan Transformasi Pelayanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TP-BIS) yang merupakan bagian dari program prioritas nasional dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia Maju. 

Untuk mendukung keberhasilan kegiatan tersebut, Perpustakaan Nasional menyelenggarakan Peer Learning Meeting (PLM) Provinsi Lampung tahun 2021 secara daring pada tanggal 14-15 September 2021. Kabupaten Lampung Barat mengikutkan Fasilitator Daerah (Fasda) TP-BIS Kandung Hernowo, S.Pd, Lusiyana, S.I.Kom dan PIC Kabupaten Rozanah, A,Md. 

Masih kata dia, capaian TP-BIS melalui Sistem Informasi Manajemen (SIM- Perpustakaan) yang selama ini dilakukan oleh Tim Work Perpusda tahun 2021. Capaian kegiatan TP-BIS diantaranya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, pelibatan masyarakat, pelibatan seluruh stakeholder, advokasi dan promosi, serta komitmen Bupati Parosil Mabsus terhadap literasi di Lambar. 

“Banyak hal yang sudah dilakukan Perpusda untuk melayani masyarakat diantaranya tidak hanya menyiapkan buku cetak dan buku elektronik, tapi menjadikan perpustakaan sebagai kampusnya masyarakat untuk berkegiatan. Untuk menjangkau pemustaka di pelosok Lampung Barat, Perpusda juga menyiapkan armada bentor keliling yang tahun ini setiap kecamatan di seluruh Lampung Barat memiliki bentor Perpustakaan Keliling untuk melayani masyarakat,” tegasnya

Lanjut Yudha, melalui Fasda tahun ini juga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lambar punya regulasi Peraturan Daerah tentang Kabupaten Literasi.

Dari penyampaian keberhasilan-keberhasilan yang selama ini dicapai oleh Perpusda Lambar melalui Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (SIM- TP BIS), seluruh konsultan Perpusnas yang sekaligus sebagai Tim Penilai Romli dan Karolina didampingi Heni dan Agung Wibawa mengumumkan bahwa Kabupaten Lambar meraih juara III terbaik TP-BIS Provinsi Lampung. 

“Ini sebuah prestasi yang sangat luar biasa membanggakan dan mengharumkan nama Lampung Barat,” katanya

Masih kata Yudha kedepan mesti harus kita tingkatkan lagi kegiatan pelibatan masyarakat, kontribusi pihak pemerintah maupun swasta dan penambahan fasilitas lainya sehingga Perpustakaan Daerah Lambar bisa menjadi pusatnya kegiatan bagi masyarakat sebagai Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. 

“Kita berharap tahun depan akan lebih baik lagi dan Perpustakaan Daerah Lambar bisa lebih produktif dan inovatif dalam melayani masyarakat, sehingga literasi membawa kesejahteraan, Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” pungkas Yudha. (lus/mlo)


Pos terkait