Jelang Idul Adha, Harga Telur dan Daging Ayam Naik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id –  Menjelang Idul Adha 1441 Hijriyah, harga daging ayam potong dan telur yang dijual pedagang di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar mengalami kenaikan. Hal itu berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan Tim Koordinasi Monitoring Harga Kebutuhan Pokok dan Pangan Pokok Pemkab Lambar, Selasa (28/7)

“Hasil pantauan kita di Pasar Liwa untuk harga kebutuhan pokok dan pangan pokok relatif stabil, hanya saja khusus harga daging ayam potong dan telur mengalami kenaikan. Sebelumnya harga daging ayam Rp36.000/Kilogram namun saat ini naik menjadi Rp38.000/Kg dan telur ayam sebelumnya Rp46.000 per karpet naik menjadi Rp48.000/karpet,” ungkap Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Yudha Setiawan, S.I.P, Rabu (29/7).

Bacaan Lainnya



Naiknya harga daging ayam dan telur menjelang hari raya Idul Adha tersebut, lanjut Yudha, dikarenakan permintaan konsumen meningkat  namun untuk stok tetap aman.  

“Kenaikan harga daging ayam dan telur ini bukan hanya terjadi di Pasar Liwa saja namun juga di Pasar Senin Kelurahan Pajarbulan Kecamatan Waytenong,” imbuhnya seraya menambahkan, untuk harga gula putih mengalami penurunan yaitu gula dalam kemasan Rp14.000/Kg sedangkan gula curah hanya Rp13.000/Kg.

Masih kata Yudha, untuk harga daging sapi relatif  stabil yaitu rata-rata dijual dengan harga Rp120.000/Kg.

“Kalau harga daging sapi masih stabil dan permintaan daging sapi menjelang hari raya Idul Adha  tidak mengalami kenaikan karena banyak daging kurban,”  imbuhnya.   

Menurut dia, pemantauan tersebut dalam rangka mengetahui harga dan stok kebutuhan pokok dan pangan pokok di sejumlah pasar menjelang Idul Adha. 

”Biasanya kalau menjelang lebaran Idul Adha minat masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok dan pangan pokok tidak ada kenaikan yang signifikan, artinya tidak seperti menjelang hari raya Idul Fitri masyarakat ramai membeli kebutuhan keluarga,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait