Jelang Idul Adha, Puskeswan Periksa Kesehatan Hewan Kurban 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat melalui UPT Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan Batuketulis, intens melakukan pemeriksaan hewan ternak di wilayah kerja puskeswan setempat.

Hal ini dilakukan untuk menjaga mutu dan kelayakan hewan untuk dijadikan kurban termasuk mengantisipasi adanya penyakit berbahaya. Seperti yang disampaikan kepala UPT Puskeswan Batuketulis Izhak Gunawan mewakili kepala Disbunnak Lambar Agustanto Basmar S.P, M.Si, Rabu (22/7).

Bacaan Lainnya



“Sejak beberapa waktu lalu, kami secara intens melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing dengan menyambangi para peternak. Pemeriksaan dilakukan secara Antemortem atau pemeriksaan luar yang meliputi kesehatan gigi, mulut dan kotoran serta bobot tubuh yang wajar,”jelasnya.

Dijelaskannya, syarat hewan kurban perlu diperhatikan oleh para penjual maupun masyarakat. Selain kondisinya baik, hewan juga  juga tidak boleh sakit, cukup umur yaitu di atas 2 tahun, tidak cacat dan disarankan jantan.

“Dalam pemeriksaan ini fokus kami adalah pemeriksaan bagian luar, kemudian saat hari H nanti atau setelah hewan dipotong baru kita bisa melakukan pemeriksaan dalam atau postmortem seperti pemeriksaan pada bagian hati, usus dan organ lainnya,” imbuhnya. 

Kembali ke proses pemeriksaan, lanjutnya, untuk setiap hewan yang telah diperiksa dan dinyatakan sehat dan cukup umur, pihaknya memberikan tanda berupa kalung. Sehingga, para calon pembeli diimbau untuk membeli hewan yang telah memiliki kalung tersebut karena telah terbukti dalam kondisi sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

“Selain pemeriksaan, tentunya kita juga senantiasa mengimbau kepada para pedagang untuk hanya menjual hewan kurban yang sehat dan layak,” pungkasnya.(edi/mlo)



Pos terkait