Jelang Idul Fitri, Disbunnak Lambar akan Gelar Monitoring 

  • Whatsapp
Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Alma' Arif

Medialampung.co.id – Menjelang hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) akan melakukan monitoring persediaan (stok) dan kesehatan daging di sejumlah pasar yang ada tiga kecamatan yaitu Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Waytenong dan Kecamatan Sekincau.

“Kegiatan monitoring persediaan dan kesehatan Daging ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH) akan kita laksanakan mulai Senin (3/5) mendatang,” ungkap Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Nata Djudin Amran, Kamis (29/4).

Bacaan Lainnya


Kata dia, sesuai dengan jadwal yaitu Senin (3/5) monitoring persediaan dan kesehatan daging ASUH akan dilaksanakan di Pasar Senin Pajarbulan Kecamatan Waytenong, Selasa (4/5) di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit serta Rabu (5/5) di Pasar Betung Kecamatan Sekincau. 

“Monitoring kelapangan ini kita juga melibatkan petugas veteriner di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan),” ucapnya.

Lanjut dia, daging yang ASUH adalah daging yang diharapkan oleh semua konsumen, karena terjamin jika dikonsumsi oleh manusia. “Kita berharap dari hasil monitoring nanti tidak ditemukan daging gelonggongan dan ayam tiren (mati kemaren),” harapnya

Lebih jauh dia mengatakan, untuk stok daging sapi dan kambing di kabupaten Beguai Jejama Sai Betik ini saat bulan ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah yaitu sapi siap potong sebanyak 630 ekor, sedangkan kambing stoknya 24.435 ekor milik masyarakat.

Sementara untuk stok ayam ras untuk Kabupaten Lambar tidak ada stok sementara jumlah kebutuhan 378.350 ekor sehingga akan didatangkan dari luar daerah, seperti halnya di Bandarjaya Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, dan Bandarlampung. Sedangkan ayam buras (itik) stok mencapai 545.560 ekor, sementara kebutuhan diperkirakan hanya 153.080 ekor (cukup).

Kemudian telur ayam ras stok hanya 28.300 kilogram sementara kebutuhan diperkirakan 97.078 Kg sehingga kekurangannya akan didatangkan dari luar daerah dan telur ayam buras /itik ketersediaan saat ini 99.823 Kg sementara kebutuhan hanya 41.123 Kg (cukup). (lus/mlo)




Pos terkait