Jelang Lebaran, DKP Pesbar Pantau Harga dan Stok Sembako

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) memantau harga dan stok kebutuhan bahan pokok (sembako) di Pasar Induk Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (5/5).

Kepala DKP Pesbar, Nawardi, S.H., mengatakan pemantauan harga dan stok kebutuhan bahan pokok itu untuk mengetahui perkembangan kondisinya terutama saat mendekati atau menjelang lebaran Idul Fitri pekan depan. Sehingga, jika terjadi kendala terhadap kebutuhan pangan iru akan segera dikoordinasikan dengan stakeholder terkait dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Bacaan Lainnya

“Dalam pemantauan yang dilaksanakan ini hanya dilaksanakan di Pasar Way Batu, karena pasar ini merupakan pasar induk dan sentral di Kabupaten Pesbar,” kata dia.

Dijelaskannya, dari hasil pemantauan terhadap harga maupun kebutuhan pokok menjelang lebaran ini rata-rata masih relatif stabil. Begitu juga untuk stok kebutuhan bahan pokok maupun kebutuhan pangan hingga kini masih aman dan belum ada kendala. Meski begitu Pemkab melalui DKP setempat tentu akan terus memantau terhadap stok dan juga stok pangan di Kabupaten Pesbar ini.

“Kemungkinan pada H-3 lebaran nanti, terutama untuk harga beberapa kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Pesbar ini bisa terjadi lonjakan,” jelasnya.

Ditambahkannya, terjadinya lonjakan harga biasanya dipicu karena meningkatnya permintaan konsumen dalam hal ini pembeli. Namun mudah-mudahan untuk kebutuhan bahan pokok tersebut diharapkan tetap stabil. Sementara itu, berdasarkan pemantauan harga kebutuhan bahan pokok yang rata-rata masih relatif stabil di pasar Way Batu tersebut antara lain beras premium Rp12 ribu per kilogram (Kg), beras medium Rp10 ribu/kg, sedangkan untuk beras termurah masih Rp9000/kg.

Kemudian, jagung pipilan kering masih berkisar Rp6500/kg, kedelai biji kering Rp10 ribu/kg. Selanjutnya, cabe merah keriting Rp40 ribu/kg, sedangkan untuk cabe rawit merah berkisar Rp30 ribu/kg. Selain itu, bawang merah masih berkisar Rp35/kg dan bawang putih Rp30 ribu/kg. Sementara itu, untuk harga daging sapi berkisar Rp130 ribu/kg, daging ayam ras Rp33 ribu/kg, telur ayam ras masih berkisar Rp23 ribu/kg. Lalu untuk harga gula pasir lokal dan juga minyak goreng dengan kisaran harga masih Rp14 ribu/kg, serta tepung terigu masih Rp11 ribu/kg.

“Begitu juga dengan harga kebutuhan bahan pokok lainnya rata-rata belum terlihat ada kenaikan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait