Jelang lebaran, Stok dan Kondisi Daging Aman

  • Whatsapp
Kabid Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Lambar Alma Arif

Medialampung.co.id – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) kembali melakukan pemeriksaan kondisi daging di Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Jumat (15/5).

“Kita tadi melakukan pemeriksaan daging sapi dan ayam yang dijual di sejumlah pedagang di Pasar Liwa, hasilnya kondisi daging aman dan layak untuk dikonsumsi,” ungkap Kabid Peternakan Alma Arif mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar.

Bacaan Lainnya



Kata dia, selain kondisi daging aman, pihaknya juga tidak menemukan adanya ayam mati kemarin (tiren) ataupun daging gelonggongan.

“Untuk harga daging yaitu daging sapi Rp120-130 ribu/Kg, dan ayam kampung Rp80 ribu/Kg, dan ayam potong Rp30 ribu/Kg,” kata dia.  

Lanjut dia, menjelang hari raya Idul fitri, pihaknya juga berencana minggu depan akan melakukan  pemeriksaan daging yang dijual di sejumlah pasar. Hal ini untuk memastikan kondisi daging tetap aman dan layak untuk dikonsumsi masyarakat. 

Masih kata Alma Arif,  untuk stok daging menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha 1441 Hijriah  mendatang aman. 

”Untuk stok sapi siap potong  sebanyak 642 ekor, sedangkan kambing stoknya 24.335 ekor milik masyarakat. Jadi stok daging sapi dan kambing bulan ramadhan, dan menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha aman,” imbuhnya.

Sementara untuk stok ayam ras untuk Kabupaten Lambar tidak ada stok sehingga akan didatangkan dari luar daerah, seperti halnya di Bandarjaya Kabupaten Lampung Selatan, Kota Metro, dan Bandarlampung. Sedangkan ayam buras (itik)  stok mencapai 545.500 ekor sementara kebutuhan diperkirakan hanya 153.020 ekor (cukup).

Kemudian telur ayam ras stok hanya  2.750 kilogram sementara kebutuhan diperkirakan 93.075 Kg sehingga kekurangannya akan didatangkan dari luar daerah dan telur ayam buras/itik ketersediaan saat ini 64.028 Kg sementara kebutuhan hanya 40.890 Kg (cukup). (lus/mlo)



Pos terkait