Jelang Nataru, Koperindag Sidak Pasar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk memantau stabilitas harga kebutuhan sembako menjelang natal dan tahun baru 2019. Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Lampung Barat melakukan insepksi mendadak (sidak) ke Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit, Selasa (17/12).

“Kegiatan ini dalam rangka menjamin stabilitas harga baham pokok di pasar yang ada di wilayah Kecamatan Balikbukit. Kita juga cek ketersediaan pangan bagi masyakarat, apakah cukup sampai Natal dan Tahun Baru nanti,” ujar Kabid Perdagangan Diskoperindag Sri Hartati mendampingi kepala Diskoperindag Drs. Ahmad Hikami.

Bacaan Lainnya



Sejauh ini, komoditas bahan pokok masih relatif  stabil hanya saja terdapat beberapa jenis, bahkan pokok yang mengalami kenaikan seperti telur ayam naik berkisar Rp3000 hingga Rp5000/karpet yaitu semula Rp40 ribu menjadi Rp43 ribu hingga Rp45 Ribu.

“Sedangkan untuk komoditas lain seperti gula, minyak dan lainnya masih relatif stabil dan memang ada kenaikan sedikit tapi ya namanya hukum pasar karena permintaan semakin meningkat maka harga juga turut meningkat,” kata dia.

Sidak ini, Menurutnya, termasuk salah satu cara pihaknya dalam menyikapi libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019. Selain itu, dan pihaknya akan terus memantau perkembangan harga dan mempersiapkan sejumlah opsi apabila terjadi kenaikan harga  yang signifikan, salah satunya dengan operasi pasar (OP).

Meski demikian, pihaknya memastikan akan terus memantau perkembangan harga, apabila ada perbuatan nakal dari para pedagang memainkan harga, timbangan tidak sesuai, maka pihaknya akan menindak pedagang nakal tersebut bahkan jika terdapat padagang yang sengaja melakukan penimbunan bahan pangan hingga menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga maka pihaknya juga akan memberikan tindakan tegas. “Kalau ditemukan akan diproses sesuai atauran yang berlaku,” tambahnya.

Sebab, kata dia, saat inipemerintah pusat maupun daerah terus mengawasi dan mengendalikan harga-harga. Hal ini agar tidak sampai terjadi kelangkaan barang di pasaran.

“Sebagaimana kita ketahui, ketika menjelang hari besar seringkali terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok yang begitu meroket. Hal ini tak jarang juga diikuti dengan terjadiya kelangkaan barang. Hal inilah yang kami antisipasi,” imbuhnya.(edi/mlo)



Pos terkait