Jelang Panen, Tanaman Padi Terserang Gejala Kresek

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menjelang musim panen rendeng pada tanaman padi diwilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diharapkan untuk ditinjau dan dilakukan pengamatan secara rutin oleh petani. Hal itu sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya serangan hama dan penyakit pada tanaman padi.

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Pesbar, Ir.Muhammad Aziz, melalui Kabid Tanaman Pangan, Gunawan, S.P., mengatakan bahwa tanaman padi disejumlah lahan persawahan di Kabupaten Pesbar sebagian besar akan memasuki musim panen rendeng, bahkan ada tanaman padi yang siap panen sekitar 20 hari lagi seperti di Pekon Mandiri Sejati Kecamatan Krui Selatan.

Bacaan Lainnya

“ Tapi, petani juga diharapkan terus mengamati tanaman padinya, karena bisanya menjelang musim panen itu rentan terserang penyakit jika kondisi cuaca seperti sekarang ini,” katanya, Senin (8/2).

Terlebih, kata dia, berdasarkan pengamatan dari Distan setempat dan petugas penyuluh pertanian bahwa tanaman padi diwilayah Pekon Mandiri Sejati itu ditemukan ada gejala serangan penyakit kresek. Sehingga harus segera ditanggulangi dengan maksimal, dikhawatirkan akan berimbas pada semua tanaman padi yang ada. Pasalnya, jika tidak segera diantisipasi maka penyakit itu akan merambah pada tanaman padi disekitarnya.

“Penyakit kresek pada tanaman padi disebabkan oleh bakteri Xanthomonas oryzae yang bisa mengakibatkan kerusakan tanaman, serta menurunkan hasil produksi tanaman padi,” jelasnya.

Bahkan, tambahnya, jika dalam serangan yang berat penyakit kresek pada tanaman padi dapat mengakibatkan terjadi puso atau gagal panen. Untuk itu, dengan adanya gejala serangan penyakit kresek seperti yang terjadi di Pekon Mandiri Sejati itu diharapkan ditanggulangi secepatnya oleh petani. Adanya gejala serangan penyakit kresek pada tanaman padi itu dapat dikendalikan dengan penyemprotan bakterisida (nordox), kemudian diaplikasikan dengan zat pengatur tumbuh (ZPT) dan pupuk pelengkap cair (PPC), atau pupuk organik cair.

“Kita juga sudah meninjau lokasi tanaman padi yang terserang gejala penyakit kresek itu, mudah-mudahan secepatnya ditanggulangi dan tidak berimbas ke tanaman padi lainnya,” pungkasnya.(yan/mlo)




Pos terkait