Jelang Pelaksanaan Pilkakam Serentak, Dinas PMD Waykanan Gelar Pembekalan Panitia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabid Pemerintahan Kampung, Dinas PMD Kabupaten Waykanan, Ketut Artike, S.IP., M.IP., mewakili Kadis PMD Ixuan Ahmadi, Sos., memberikan pembekalan terhadap panitia pemilihan kepala kampung serentak gelombang III tahun 2021 di Kampung Bengkulu Kecamatan Gunung Labuhan Kabupaten Waykanan, Senin (29/3).

Pembekalan tersebut dihadiri 59 peserta yang terdiri dari ketua Panitia Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam), satu anggota serta ketua KPPS dari dari 13 kampung yang menyelenggarakan pemilihan kepala kampung se-Kecamatan Gunung Labuhan 

Bacaan Lainnya

Dalam pembekalan yang disampaikan oleh Kabid Pemerintah Kampung tersebut juga dibahas beberapa regulasi serta tahapan penyelenggaraan pemilihan kepala kampung yang akan digelar pada tanggal 27 mei 2021 mendatang. 

“Kepada semua Panitia Pilkakam dalam menjalankan proses penyelenggaraan pemilihan di setiap masing-masing Kampung, ikutilah regulasi yang sudah kami sosialisasikan secara detail serta pelajari dari setiap tahapan yang akan dihadapi jika tidak paham silahkan koordinasi dengan kami,” ujar Ketut.

Secara gamblang Ketut menjelaskan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pilkakam kepada Panitia Pilkakam baik dari tahapan kampanye hingga sampai hari pemilihan nantinya. 

“Pemilihan kali ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya, Karena kita dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, sehingga setiap tahapan harus berpedoman dengan protokol kesehatan, misalnya ketika kampanye nantinya dalam ruangan maksimal 50 orang, dan ini pun harus diatur oleh panitia, jangan sampai terjadi benturan jadwal sehingga menimbulkan kerumunan nantinya,” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Gunung Labuhan Radiyus Oktorisa, S.STP., menyampaikan harapannya bahwa penyelenggaraan Pilkakam di wilayah Gunung Labuhan tersebut agar tetap kondusif, damai serta mengikuti regulasi yang ada. 

“Saya berharap, Kepada seluruh Panitia Pilkakam untuk dapat menyampaikan kepada seluruh Bakal Calon agar kiranya mempunyai rasa memiliki suatu wilayah dapat tumbuh didalam diri seluruh Calon Kakam, sehingga apapun yang bakal terjadi dalam proses tahapan pemilihan nantinya, untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, jangan sampai memunculkan provokasi yang menimbulkan kerusuhan dan perpecahan antara satu dengan yang lainnya, terkhusus tetap menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya. 

Terpisah, Junaidi Idris, S.E., selaku Pejabat Kepala Kampung setempat menambahkan bahwa dalam pembekalan tersebut, Kampung Bengkulu menjadi titik tempat pembekalan dari 13 Kampung yang akan melakukan pemilihan kepala kampung. 

“Dari 13 Kampung yang akan menggelar Pilkakam, kali ini Alhamdulillah Kampung Bengkulu menjadi titik pelaksanaan pembekalan tersebut, karena Kampung Bengkulu letaknya. secara geografis berada dibposisi tengah-tengah dari kampung-kampung se-Gunung Labuhan, sehingga akses dari kampung lain menuju kampung Bengkulu tidak terlalu jauh sehingga adil,” tambah Junaidi.(wk1/mlo)




Pos terkait