Jelang Pilkada, Polres Lamtim Gelar Simulasi Pengamanan TPS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Penerapan protokol kesehatan pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah menjadi perhatian serius jajaran Polres Lampung Timur. 

Hal itu terungkap dalam simulasi pengamanan (Sispam) tempat pemungutan suara (TPS) yang digelar Polres Lampung Timur, Jumat (4/12).

Bacaan Lainnya


Kapolres Lamtim AKBP Wawan Setiawan menjelaskan, sispam TPS itu dilaksanakan agar pada saat pemungutan suara seluruh personil yang akan diturunkan benar-benar telah siap.

Menurutnya, selain bertugas mengamankan pelaksanaan pemungutan suara. Para personil juga harus menegakkan kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Pasalnya, pandemi covid-19 di Lamtim terus meningkat dan kini telah mencapai 160. 

“Jangan sampai Pilkada menjadi cluster baru penyebaran Covid-19,” pesan AKBP Wawan pada acara yang juga dihadiri Dandim 0429 Letkol M. Darwis, Ketua KPU Wasiyat Jarwo, Ketua Bawaslu Uslih, Kaban Kesbangpol Lamtim Wirham Riadi.

Ditambahkan, Sispam TPS juga digelar untuk mengantisipasi  situasi yang bersifat kontijensi dan segala kemungkinan yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember 2020.

Pada simulasi tersebut diperagakan tata cara pemungutan suara dengan mematuhi protokol kesehatan. Antara lain, bagi pemilih yang memiliki suhu di atas 37 derajat harus menyalurkan hak pilihnya pada bilik khusus yang disiapkan. Kemudian pemilih tersebut juga didampingi petugas TPS yang mengenakan alat pelindung diri lengkap. (wid/mlo)




Pos terkait