Jelang Ramadan, Diskoperindag Monitoring Sembako

  • Whatsapp
Diskoperindag Pesbar saat monitoring sembako jelang bulan Ramadhan 1440 H di Pasar Way Batu, Selasa (30/4). Foto Yayan/Medialampung.co.id

Medialampung.co.id, Pesisir Tengah – Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melakukan monitoring harga dan stok kebutuhan pokok (sembako) menjelang bulan suci Ramadan 1440 Hijriyah di Pasar Rakyat Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (30/4).

Plt. Kadiskoperindag Pesbar, Herizan, mengatakan monitoring yang dilaksanakan di Pasar Way Batu ini untuk mengetahui kondisi harga dan stok kebutuhan pokok di Pesbar, rata-rata sejumlah kebutuhan pokok mulai mengalami kenaikan menjelang bulan Ramadhan, namun belum terlihat signifikan. Sedangkan untuk stok kebutuhan pokok diprediksi mencukupi selama bulan Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H mendatang.

“Dalam monitoring ini sudah ada beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan terutama kebutuhan pokok yang memang didatangkan dari luar daerah,” katanya.

Seperti, kata dia, bawang merah saat ini harganya berkisar Rp40-45 ribu per kilogram dari sebelumnya antara Rp26-28 ribu per kilogram. Hal itu disebabkan karena komoditas bawang merah didatangkan dari luar daerah bahkan luar Provinsi Lampung, sehingga saat menjelang bulan Ramadhan ini dipastikan mengalami kenaikan harga.

“Untuk kebutuhan pokok lainnya seperti beras masih tergolong stabil berkisar Rp9.000 sampai Rp12 ribu lebih per kilogram sesuai dengan kualitas beras tersebut,” jelasnya.

Lanjutnya, begitu juga dengan beberapa jenis kebutuhan pokok lainnya termasuk daging sapi, daging ayam, sayuran dan sebagainya itu ada yang mengalami kenaikan dan juga masih stabil menjelang bulan Ramadhan ini. Artinya, meski sudah ada yang mengalami kenaikan namun itu belum terlihat berdampak di masyarakat, begitu juga dengan stok kebutuhan pokok itu rata-rata masih aman.

“Meski begitu, Diskperindag juga akan tetap memantau kondisi harga dan stok kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional lainnya baik saat Ramadan nanti maupun menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang,” tandasnya. (yan/mlo)



Pos terkait