Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Disnakkeswan Jamin Ketersediaan Stok Daging Sapi Potong 

Medialampung.co.id – Jelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Lampung menjamin ketersedian stok daging sapi potong.

Berdasarkan data Disnakkeswan Lampung, jumlah stok sapi Feedlotter per bulan Februari 2022 adalah 118.000 ekor (untuk penjualan sampai bulan Mei) dan stok sapi lokal peternak di 15 Kab/Kota yaitu 11.517 ekor. 

Bacaan Lainnya


Sedangkan di kebutuhan daging sapi Provinsi Lampung sekitar 10.500 ekor (angka sementara) setiap bulan (April sampai Mei 2022). 

“Secara umum cukup aman sampai hari raya, bahkan Lampung menjadi supplier untuk luar Lampung (DKI Jakarta), sekitar 55 persen keluar dan 45 di Lampung sendiri,” kata Sekretaris Disnakkeswan Lampung, drh Anwar Fuadi, Jumat (11/3). 

Lanjutnya, Disnakkeswan sudah mendapat data para peternak sapi lokal yang tersebar di Provinsi Lampung. Dimana ada sekitar 11 ribuan sapi milik peternak yang disiapkan untuk HBKN, Ramadhan dan Idul Fitri. 

“Sudah ada datanya By Name dan By Address peternak rakyat yang dikumpulkan teman-teman di masing-masing Kabupaten/kota,” terangnya. 

Selain itu, dalam Program Kartu Petani Berjaya (KPB) juga mensupport dalam hal ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang mana lembaga keuangan siap membantu permodalan peternak sapi. 

Ia berharap, harga daging sapi menjelang HBKN diharapkan tidak naik, tetapi jika mengalami kenaikkan adalah dengan kenaikan harga yang wajar. 

“Kedepannya, kita juga siapkan lembaga atau semacam koperasi yang menjamin produk sapi Lampung terserap, untuk marketplacenya nanti kita siapkan,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait