Jelang Ramadhan, Disperindag Lakukan Upaya Jaga Stabilitas Harga dan Kesedian Bahan Pokok

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jelang Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas perindustrian dan perdagangan (Disperindag) terus melakukan pemantauan harga dan pasokan barang upaya mengantisipasi stabilitas harga serta ketersedian bahan pokok di pasar yang juga dilakukan Disperindag se-Provinsi Lampung di 15 kabupaten/kota.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri M. Zimmi Skil mengatakan, untuk ketersediaan stok bahan pokok hadapi bulan ramadhan stabil dan tidak ada masalah. 

Bacaan Lainnya


Ia juga mengatakan untuk lonjakan harga bahan pokok jelang Ramadhan mudah-mudahan tidak ada.

“Untuk bahan pokok mudah-mudahan tidak ada kenaikan, karena kata stabil itu kalo turun atau naik diatas 2% dari harga pasaran biasa baru kita mulai waspada dan kelapangan melihat kenapa bisa terjadi kenaikan. Tapi yang terpenting adalah saat ini stok dan ketersediaan terjaga,” ungkapnya saat dikonfirmasi medialampung.co.id, Kamis (25/3).

Ia juga mengatakan di awal April akan mengadakan operasi pasar di beberapa titik yang anggaran dasarnya tidak mengadakan pasar murah.

“Kita akan menggelar operasi pasar, di seluruh di beberapa kabupaten yang memang anggaran daerahnya tidak mengadakan pasar murah saat ini masih direkap,” jelasnya.

Lanjutnya, Disperindag Lampung asosiasi dan pelaku usaha barang kebutuhan pokok saat ini terus menjaga ketersediaan stok di pasar baik di tingkat distributor, Sub Distributor maupun di tingkat pengecer. Dihimbau juga agar menjaga keuntungan dalam tingkat yang wajar menjelang kenaikan permintaan pada saat Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Ia juga mengatakan saat ini Perum Bulog agar terus menjaga kecukupan stok secara nasional serta kelancaran distribusi beras ke seluruh daerah melalui pelaksanaan KPSH.

“Apabila terdapat potensi kekurangan pasokan surplus bahan pokok di masing-masing wilayah, agar segera menyampaikan kepada Disperindag Provinsi Lampung untuk dapat mengambil langkah-langkah yang dipandang perlu dilakukan kepada para pedagang di pasar-pasar dengan bekerjasama dengan asosiasi dan pelaku usaha,” tutupnya.

Adapun beberapa harga bahan pokok berdasarkan data Disperindag Provinsi Lampung saat ini seperti Beras medium rata-rata Rp.9.000 per kilogram  (kg) kemudian untuk Beras premium harga rata-rata Rp11.000 – Rp12.000/kg.

Kemudian untuk harga Gula pasir Rp12.583/kg, tepung terigu Rp10.000/kg. (ded/mlo)




Pos terkait