Jelang Ramadhan, Harga Sembako Mulai Merangkak Naik

  • Whatsapp
foto yan/mlo

Medialampung.co.id – Menjelang bulan suci Ramadhan 1441 Hijriyah, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok (Sembako) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai merangkak naik, kondisi itu sangat berdampak bagi masyarakat, terlebih ditengah pandemi virus corona atau Covid-19  ini.

Salah satu pedagang di Pasar Way Batu Kecamatan Pesisir Tengah, Yanti, mengatakan bahwa sejak beberapa hari terakhir sejumlah harga kebutuhan pokok memang sudah mulai mengalami kenaikan, seperti harga bawang merah dan bawang putih sebelumnya Rp35 per kilogram, kini naik menjadi Rp45-50 ribu per kilogram, cabai merah dari Rp40 ribu menjadi Rp50 ribu per kilogram.

Bacaan Lainnya



“Selain itu, gula pasir dari Rp18 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram, begitu juga dengan harga kebutuhan bahan pokok lainnya sudah mulai naik. Kalau untuk harga kebutuhan pokok khususnya beras hingga kini masih tetap berkisar Rp10-11 ribu per kilogram,” katanya.

Ditambahkannya, kenaikan sejumlah harga kebutuhan pokok itu salah satunya dipengaruhi karena menjelang puasa Ramadhan sehingga permintaan sembako meningkat serta pasokan sembako rata-rata didatangkan dari luar daerah. Selain itu kondisi kenaikan beberapa harga sembako itu juga bukan hanya terjadi di pasar Way Batu, melainkan seluruh wilayah Pesbar.

“Saat ini pasokan sembako di tingkat pedagang seperti di pasar Way Batu ini masih mencukupi, artinya belum terjadi kelangkaan barang. Mudah-mudahan bisa cukup hingga hari Raya Idul Fitri mendatang,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Perdagangan, Suparmi, S.Ip, M.M., mendampingi kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pesbar, Herizan, S.E, M.M., mengatakan bahwa saat ini harga kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadhan tersebut rata-rata memang sudah mulai merangkak naik. Kondisi itu tentu merupakan siklus tahunan terutama saat menghadapi hari besar keagamaan seperti bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

“Tidak bisa dipungkiri setiap menjelang Ramadhan dan Idul Fitri harga kebutuhan bahan pokok di pasaran dipastikan naik, seperti sekarang ini sudah ada beberapa sembako yang harganya naik, itu salah satunya karena permintaan kebutuhan barang yang meningkat,” katanya.

Masih kata dia, Diskoperindag setempat juga akan tetap melakukan monitoring di seluruh pasar tradisional terutama pasar milik Pemkab setempat untuk memastikan perkembangan harga maupun pasokan kebutuhan bahan pokok, diharapkan pasokan kebutuhan pokok tidak mengalami kekurangan.

“Khususnya pasokan kebutuhan pokok di Pesbar selama Ramadhan hingga Idul Fitri nanti mudah-mudahan cukup dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait