Jelang Ramadhan, Sejumlah Risma dan Takmir Masjid di Waykanan Mulai Berbenah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Menjelang bulan Suci Ramadhan, para Takmir masjid dengan dibantu oleh masyarakat dan khususnya Remaja Islam Masjid (Risma) mulai melakukan berbagai persiapan demi kelancaran Ibadah Puasa dan berbagai ibadah penunjang lainnya selama Ramadhan

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Risma di Masjid Taqwa Kampung Negara Mulya Kecamatan Negara Batin, dan Masjid Taqwa Kecamatan Blambangan Umpu, yang membersihkan lingkungan Masjid yang akan digunakan pada pelaksanaan Ibadah Tarawih di Bulan Ramadhan nantinya.

Bacaan Lainnya


“Kegiatan ini memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat khususnya muda-mudi setiap menjelang bulan Suci Ramadhan, baru nanti akan dilanjutkan bersih-bersih pemakaman umum, sebab biasanya menjelang bulan puasa juga akan banyak warga yang melakukan ziarah kubur, bukan hanya dari Negara Batin saja, tetapi juga dari masyarakat yang berdomisili diluar daerah, jadi kami muda mudi yang ada di kampung akan merasa malu jika pemakaman umum atau akses jalan menuju ke Pemakaman kumuh dan tidak terawat,” ujar Wahono, pemuda setempat.

Terpisah, Andre, rekan Wahono menambahkan, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19, akan tetapi mereka sudah bertekad akan tetap melaksanakan Puasa dan berbagai ibadah sunnah pada bulan suci Ramadhan nanti dengan semampunya.

“Bulan suci Ramadhan adalah Penghulu segala bulan yang di dalamnya terdapat malam Lailatul Qodar yang dapat membebaskan kita dari api neraka, yang datangnya hanya setahun sekali, akan rugi sekali rasanya kalau kita tidak memanfaatkan bulan itu sebaik mungkin, tentunya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” tegas Andre.

Terpisah Hi. M. Basri, S.Pd, MM., Ketua Pembangunan Masjid Besar At-Taqwa Kecamatan Blambangan Umpu, menyatakan, sejak seminggu yang lalu, Takmir Masjid Besar At-Taqwa  Blambangan Umpu sudah mulai merehab Masjid yang dimulai dari pergantian lantai dari keramik biasa menjadi lantai granit dan kemudian mengganti dindingnya dengan kaca transparan, dengan harapan jamaah semakin nyaman saat beribadah.

“Sebenarnya Masjid Besar At-Taqwa ini sudah mengalami beberapa kali perubahan, akan tetapi khusus untuk lantai ini masih peninggalan masa pemerintahan Bapak Bupati Tamanuri, dan Alhamdulillah untuk lantai sudah selesai tinggal penyelesaian dinding kaca dan ornamennya, tapi kami targetkan memasuki bulan suci Ramadhan nanti jamaah masjid sudah dapat menikmati suasana yang baru dan semakin nyaman beribadah di Masjid Besar At-Taqwa Blambangan Umpu,” tuturnya.(wk1/mlo)




Pos terkait