Jelang Sirkuit Pencak Silat, IPSI Lamtim Gelar Seleksi

  • Whatsapp
Seleksi Pencak Silat di GOR Mini Sukadana Lamtim. - Foto dwi/mlo

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Timur menggelar seleksi pencak silat, Selasa (2/3).

Seleksi yang digelar di Gedung Olahraga Mini Sukadana itu diikuti para pesilat dari 9 perguruan yang ada di Lamtim.

Bacaan Lainnya

Sempat muncul keberatan dari Hasyim salah satu pengurus perguruan silat pada seleksi pencak silat itu. Keberatan yang diajukan antara lain terkait ada pesilat pemula yang harus bertanding dengan pesilat berpengalaman.

“Seharusnya pesilat pemula jangan langsung dipertemukan dengan yang sudah  berpengalaman agar dapat meraih prestasi. Bila memang sudah ada yang akan dijadikan wakil Lamtim tidak perlu ada seleksi lagi,” kata pengurus Perguruan Pencak Silat TTKDH Lamtim ini.  

Menanggapinya, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (Ipsi) Lamtim Mansyur Syah melalui Wakil Ketua 2 Bidang Pembinaan Prestasi Samsul Bahri menjelaskan, seleksi itu mempertandingkan 16 kelas. Masing-masing 6 kelas untuk perempuan dan 10 kelas untuk laki-laki.

Lebih lanjut dijelaskan, pada saat mengundang perguruan untuk mengikuti seleksi tersebut, IPSI Lamtim telah meminta masing-masing mengurus perguruan untuk mengirimkan pesilat terbaiknya. Selain itu, pada seleksi tersebut dilakukan dengan cara undian berdasarkan kelas yang diperlombakan.

“Jadi setiap pesilat tidak dapat memilih atau dipilihkan lawan bertandingnya. Jadi tidak menutup kemungkinan dari hasil undian akan ada pesilat pemula melawan pesilat yang pernah bertanding di tingkat provinsi maupun nasional,”terang Samsul Bahri.

Ditambahkan, seleksi itu dilaksanakan guna mempersiapkan diri menghadapi sirkuit pencak silat yang digelar IPSI Lampung. Karenanya, hasil dari seleksi untuk menentukan wakil  wakil Lamtim pada sirkuit pencak silat zona 2. Yaitu, Lamtim, Kota Metro, Mesuji, Lamteng dan Tulang Bawang. Sedangkan, parta final zona 1 dan 2 akan dilaksanakan Desember 2021 mendatang. Sirkuit pencak silat itu juga merupakan persiapan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON).

“Jadi seleksi ini untuk mencari pesilat terbaik yang akan mewakili Lamtim dan  harapannya menjadi wakil Lampung pada PON,” terang Samsul Bahri.

Kesempatan yang sama Samsul Bahri menjelaskan, kalau memang ada pesilat pemula yang dalam seleksi tersebut belum menang namun memiliki potensi berprestasi. Maka, IPSI Lamtim tetap akan melakukan pembinaan dan diikutsertakan dalam latihan bersama.

“Kami akan memasukkan pesilat pemula yang berpotensi menjadi lapis kedua wakil Lamtim,” imbuh Samsul Bahri. (wid/mlo)


Pos terkait