Jika Kasus Bertambah, Parosil Sarankan Pekon Sukabumi ‘Lockdown’ Lokal

  • Whatsapp
Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus

Medialampung.co.id – Lonjakan kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 yang terjadi di sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Barat mendapat respon dari Bupati Parosil Mabsus yang juga Ketua Satgas Covid-19 tingkat Kabupaten Lambar, Kamis (1/7).

Untuk wilayah dengan tingkat penyebaran yang tinggi salah satunya di Pekon Sukabumi, Kecamatan Batubrak. Bupati Parosil menyarankan agar diberlakukan Lockdown berskala lokal. 

Bacaan Lainnya

“Kalau tingkat penyebaran terus bertambah kita sarankan untuk diberlakukan lockdown lokal, tapi kuncinya semua ada di masyarakat itu sendiri agar bergotong royong dan patuhi prokes,” ujar Parosil saat dihubungi via ponselnya. 

Selain berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar betul-betul patuh dan taat dengan protokol kesehatan, ia juga berpesan kepada tenaga kesehatan agar dapat memaksimalkan 3 T yaitu testing, tracing, dan treatment.

“Jadi semua harus ambil peran, masyarakat harus patuh dengan prokes dan Satgas Covid-19 di tingkat kecamatan dan pekon memaksimalkan upaya penanganan dan pencegahan,” pesannya.

Lebih lanjut disinggung apakah pemberlakukan lockdown dilakukan setiap wilayah dengan tingkat penyebaran yang tinggi atau Zona Merah, ia mengaku menyerahkan kebijakan itu juga kepada tim satgas di tingkat kecamatan dan pekon yang dinilai lebih memahami situasi dan kondisi lapangan.

“Terkait keputusan lockdown ini kita serahkan juga ke satgas di kecamatan dan pekon, karena memang mereka harus bisa melihat kondisi dilapangan, apabila jumlah penyebaran terus meningkat, bisa segera berlakukan lockdown berskala lokal,” tegasnya. 

Sebab, menurutnya lockdown tingkat pekon dinilai efektif untuk menekan penyebaran Covid-19. Dalam kegiatan itu juga, diharapkan tim satgas Covid-19 yang juga terdiri dari unsur TNI/Polri dapat melakukan pengamanan.(edi/mlo)


Pos terkait