Jika Tidak Diserap, DD Teba Liokh Bakal Kembali ke Kas Negara

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pekon Teba Liokh Kecamatan Batubrak Kabupaten Lambar hingga kemarin belum melakukan penyerapan dana desa (DD) dan alokasi dana pekon (ADP) tahap III tahun 2019.

“Dana desa dan alokasi dana pekon tahap III untuk Pekon Tebaliok masih berada di kas daerah (Kasda), dan jika sampai akhir tahun 2019 tidak diserap maka akan kita laporkan ke pemerintah pusat dan dikembalikan ke kas negara,” kata Kabid Pembendaharaan Ruliansyah, S.E., mendampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P

Bacaan Lainnya



Pihaknya siap mencairkan DD dan ADP tahap III untuk Pekon Teba Liok, itu sepanjang ada surat rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP). “Surat rekomendasi dari DPMP itu, sebagai dasar kami untuk mencairkan dana dari pemerintah pusat dan APBD Lambar tersebut. Jadi semakin cepat disampaikan maka semakin cepat pula dananya cair,” kata dia seraya menambahkan, pihaknya berharap DD dan ADP tahun 2019 terserap 100 %.

Ditempat terpisah, Kepala DPMP Yudha Setiawan, S.I.P mengungkapkan, dari 131 pekon di Kabupaten Lambar, hingga kemarin baru 130 pekon yang mencairkan dana baik DD maupun ADP tahap III sedangkan satu pekon yaitu Pekon Tebaliokh belum mengajukan usulan untuk penciran.

“Sampai saat ini pihak pekon belum juga menyampaikan usulan pencairan DD dan ADP tahap III,” katanya

Kata dia, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan pihaknya di Pekon Teba Liokh pada awal bulan Desember, untuk progres kegiatan baik fisik maupun non fisik yang bersumber dari DD dan ADP tahap I dan II di pekon tersebut belum mencapai 75 %. Sementara secara aturan yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.20/2018 tentang pengelolaan keuangan desa dan Peraturan Bupati (Perbup) No.1/2019 tentang pendoman dan penyusunan APBPekon bahwa ketentuannya untuk mengajukan pencairan dana tahap III yaitu realisasi kegiatan tahap I dan II harus mencapai 75 % dan sampai saat ini realisasi kegiatan di Pekon Teba Liokh belum mencapai target.

“Saya rasa jika pekon ada komitmen maka anggaran tersebut akan terserap sebelum akhir tahun 2019. Jika pekon tidak mengusulkan untuk pencairan maka dana tersebut akan tetap berada di kas daerah,” kata dia.(lus/mlo)



Pos terkait