Jika Tol Natar-KIM Terealisasi, Suoh-BNS Maju Pesat

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Terkait rencana pemerintah membangunn jalan Jalan Tol dari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan-Kabupaten Pringsewu menuju wilayah Kawasan Industri Maritim (KIM) Kabupaten Tanggamus, maka diyakini akan berdampak besar terhadap kemajuan Lampung Barat, khususnya Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) yang berbatasan langsung dengan Tanggamus.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lambar Ir. Okmal mengungkapkan,  dampak yang paling besar untuk Kecamatan Suoh dan BNS yakni karena dua kecamatan itu akan dilintasi oleh masyarakat yang masuk atau keluar pintu tol yang nantinya salah satu exit tol di Tanggamus berdekatan dengan Kecamatan Suoh dan BNS.

Bacaan Lainnya



”Kalau tol tersebut benar-benar terealisasi, maka kita berkeyakinan Kecamatan Suoh dan BNS akan mengalami kemajuan pesat. Alasannya, karena jarak tempuh khususnya dari Lambar menuju pintu tol yang berada di Tanggamus akan lebih dekat dengan pintu Tol Terbanggi Besar seperti yang selama ini menjadi akses yang digunakan masyarakat saat menuju atau kembali dari Kota Bandarlampung,” ungkapnya.

Menurut Okmal, jarak tempuh dari Pusat Kota Liwa menuju pintu tol yang berada di wilayah Tanggamus nantinya  hanya berjarak 129 kilometer, yang tentunya ketika nantinya sudah didukung dengan kondisi jalan yang baik, maka bisa ditempuh hanya dalam waktu sekitar dua jam saja.

”Saat nantinya tol tersebut sudah mulai beroperasi, maka masyarakat akan lebih banyak memilih untuk melalui Suoh saat akan ke Bandarlampung karena akan memperpendek waktu tempuh, namun tentunya semua itu harus didukung kondisi jalan yang baik, khususnya jalan yang menghubungkan antara Lambar dan Tanggamus,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Okmal, ketika nantinya  pemerintah provinsi membutuhkan dukungan pemerintah daerah,  berkaitan dengan pembangunan tol tersebut, maka  Pemkab Lambar siap untuk memberikan dukungan, mengingat rencana tersebut akan berdampak besar terhadap kemajuan daerah.

”Misalkan ada titik-titik lokasi pembangunan jalan tol masuk dalam wilayah Lambar, tentunya Pemkab Lambar siap membantu semua proses, termasuk akan sama-sama mengajak masyarakat untuk kelancarannya,” pungkas Okmal ditemui di ruang kerjanya Jumat (21/2).(nop/mlo)



Pos terkait