Juli, Dua Komunitas Sanggar Gelar Perayaan Budaya Megalitik Batubrak

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Komunitas Sanggar Gauri dan Sanggar Seni Cupido Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Lambar akan melaksanaan Perayaan Budaya Megalitik Batubrak yang akan dipusatkan di lokasi Situs Megalitikum Batubrak Pekon Purawiwitan, Kecamatan Kebuntebu pada 1-5 Juli mendatang.

“Kegiatan itu salah satunya adalah untuk menindaklanjuti kunjungan seniman nasional dan internasional yaitu Suprapto Suryodarmo dari Solo pada 12-13 April lalu di Kabupaten Lambar,” ujar Kabid Kebudayaan Riady Andrianto, S.H mendampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulki, S.Pd, M.M, kemarin.

Bacaan Lainnya



Menurutnya, kegiatan perayaan budaya megalitik akan dihadiri 4 orang seniman dari Hongaria dan Spanyol. Mereka adalah seniman joget  amerta yaitu joget yang menyerap kekuatan alam yang bermanfaat untuk kekuatan diri.

Gerakan Amerta adalah bentuk praktik gerakan non-gaya yang mengacu pada gerakan bebas, praktik Vipassana, meditasi sumarah Jawa dan Buddhisme Theravada Jawa. “Kita sangat mendukung kegiatan itu. Apalagi kegiatan itu bersifat untuk promosi. Melalui kegiatan itu maka diharapkan kedepan keberadaan situs megalitikum batubrak itu akan semakin dikenal, sehingga potensi wisata sejarah budaya Lambar akan banyak diketahui oleh masyarakat luar Lampung,” akunya.

Melalui kegiatan itu, lanjut Riady juga diharapkan akan ada peningkatan kunjungan wisatawan dan meningkatnya perkembangan wisata budaya serta meningkatnya kecintaan masyarakat setempat untuk merawat dan menjaga situs tersebut.

“Selain itu, kita juga berharap kedepannya akan berdampak baik bagi peningkatan ekonomi khususnya warga setempat karena jumlah pengunjung akan meningkat, ” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait