Jumlah Pasangan Nikah di Pesbar Menurun

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Jumlah pasangan nikah di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengalami penurunan selama tahun 2020 dibandingkan tahun 2019 lalu. Hal itu salah satunya disebabkan karena faktor pandemi Covid-19, faktor ekonomi yang berdampak pada biaya nikah, dan faktor lainnya.

Kasi Bimas Islam, Ahmad Khotob, S.Ag, mendampingi Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pesbar, Hi. Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan selain faktor Covid-19 yang cukup berdampak terhadap penurunan pasangan nikah itu, juga dipengaruhi karena banyaknya warga Pesbar yang melakukan pernikahan di luar daerah sehingga tidak tercatat di Kantor Urusan Agama (KUA) di Pesbar, melainkan tercatat di KUA luar daerah.

Bacaan Lainnya


“Sedangkan berdasarkan data yang tercatat di kantor Kemenag Pesbar dari seluruh KUA di 11 Kecamatan sejak Januari hingga Desember 2020 ini hanya 1.004 pasangan nikah,” katanya, Selasa (29/12).

Dijelaskannya, jumlah itu menurun jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu yang mencapai 1.275 pasangan nikah. Sementara, di tahun 2020 bagi calon pasangan pengantin yang akan menggelar pernikahan juga sedikit berbeda, artinya pelaksanaan nikah di tengah pandemi Covid-19 selama 2020 ini harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Karena itu, bisa saja sebagian besar jumlah pasangan nikah selama pandemi Covid-19 yang berkurang itu karena penerapan protokol kesehatan, pembatasan dalam pelaksanaan kegiatan acara resepsi pernikahan dan lainnya,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam pelaksanaan pernikahan di seluruh KUA di Kabupaten Pesbar, seluruh calon pengantin dan pihak keluarga hingga kini masih terpantau tetap melakukan penerapan protokol kesehatan sesuai imbauan pemerintah dan setiap KUA, karena penerapan protokol kesehatan itu sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kemungkinan kedepan jika pandemi Covid-19 telah berakhir, bisa saja jumlah pasangan nikah di Pesbar ini kembali meningkat. Hal itu juga disesuaikan dengan kondisi jumlah penduduk atau jumlah pasangan yang siap nikah di Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait