Kabupaten Pringsewu Kekurangan Penyuluh Pertanian

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dengan luas areal persawahan mencapai 13 ribu hektar, jumlah penyuluh pertanian di Kabupaten Pringsewu yang hanya 36 PNS dan 25 PTHL, dirasa masih sangat kurang.

“Jumlah ini masih kurang,” ungkap wakil bupati Dr. H. Fauzi.

Bacaan Lainnya



Sementara di Pringsewu ada 126 pekon atau desa serta 5 kelurahan dan 9 kecamatan.

“Idealnya Satu pekon Satu penyuluh, sedangkan bila mengacu pada jumlah penyuluh yang ada saat ini artinya 1 penyuluh untuk beberapa pekon” ungkapnya.

Terkait kekurangan tersebut menurutnya telah diusulkan ke pemerintah pusat.

Untuk diketahui Kabupaten Pringsewu memiliki luas wilayah 625 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 450.000 jiwa.

Adapun Jumlah Kelompok Tani mencapai 856 Poktan, 179 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan 117 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Saat ini di kabupaten Pringsewu memiliki Call Centre Penyuluh Pertanian dengan nomor 0813-77863899.

“Harapannya dengan adanya call center ini dapat memudahkan para petani dalam memperoleh layanan informasi secara terpusat. Maupun keluhan seputar pertanian lainnya, serta dapat memberikan pelayanan yang terbaik,” pesan H. Fauzi. 

Selain itu kini Pringsewu juga terus memberdayakan kelompok wanita tani (KWT).

“Ada upaya-upaya pelatihan, misalnya untuk pengemasan produk atau packing,” harapnya.

Selain Dinas Pertanian,  Wabup H. Fauzi berharap sejumlah OPD  diantaranya Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Koperindag, Dinas Kominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon serta Bagian Perekonomian, bisa terlibat.

“KWT pada awalnya memang didirikan untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga. Namun demikian, tidak ada salahnya jika kebutuhan rumah tangga sudah tercukupi, selanjutnya KWT mengembangkan diri untuk skup yang lebih luas,” pungkas H. Fauzi.(sag/mlo)



Pos terkait