Kadisbunnak Kunjungi KWT Sehati

  • Whatsapp

Medialampung.co.idKepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) Ir. Agustanto Basmar melakukan kunjungan kerja ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Sehati di Pemangku II Pekon Bedudu, Kecamatan Belalau Rabu (13/11).

Kunjungan itu sebagai salah satu bentuk pembinaan kepada KWT sehati yang hingga kini masih mempertahankan tradisi Kopi Tumbuk Lesung atau pola penumbukan biji kopi yang masih menggunakan lesung sebagai salah satu tradisi masyarakat Lambar tempo dulu.

Bacaan Lainnya



“Kunjungan kami hari ini sebagai salah satu bentuk pembinaan yang kedepan akan terus berjalan, apakah nanti akan ada bantuan untuk mendukung kegiatan mereka kita lihat nanti,” terang Agustanto Basmar.

Pihaknya mengapresiasi kekompokakan dan semangat dari KWT Sehati, dalam konteks pelestarian budaya pihaknya tetap mendukung produksi kopi yang digeluti KWT itu masih menggunakan lesung. Namun, dalam konteks bisnis tentu hal itu akan membuat kewalahan untuk mengejar target produksi dengan skala besar.

“Kalau tumbuk lesung dalam konteks budaya tetap harus kita pertahankan, supaya kalau orang ingin tahu seperti apa metode tumbuk lesung, KWT sehati bisa kita jadikan rujukan, tapi kalau dari segi bisnis tentu kurang maksimal karena metode itu butuh proses yang panjang sehingga akan sulit mengejar target produksi,” imbuhnya.

Sehingga, sejauh ini untuk mendukung pengembangan usaha KWT di wilayah pihaknya masih menunggu program bantuan apa saja yang di gulirkan pemeirntah pada tahun 2020 mendatang.

“Yang jelas kedepan kami siap memberikan pembinaan dan bantuan, dan saat ini kami masih akan menyesuaikan program dalam rangka peningkatan mutu, bagaimana mengolah kopi dari biji sampai bubuk, dan pastinya saat ini KWT ini sedang kita kaji untuk menentukan metode yang tepat untuk mengembangkan usahanya,” imbuhnya.(edi/mlo)



Pos terkait