Kado HUT ke-76 Kemerdekaan RI, 96 WBP Rutan Krui Dapat Remisi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 96 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mendapat Remisi Umum (RU) atau pengurangan masa tahanan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2021, Selasa (17/8).

Penyerahan remisi dari Kementerian Hukum dan HAM RI kepada 96 WBP yang dilakukan secara simbolis melalui virtual meeting, di ruang OR Batu Gukhi Setdakab Pesbar itu dihadiri oleh Wakil Bupati Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Kepala Rutan Kelas IIB Krui M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., Waka Polres Lampung Barat Kompol Dwi Santosa, S.H., Kacabjari Lampung Barat di Krui Christian, S.H, M.H., perwakilan WBP yang mendapat remisi, serta undangan terkait lainnya dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Menkumham RI, Yasonna H.Laoly, yang disampaikan secara virtual mengatakan bahwa pemberian remisi bukan serta-merta bentuk kemudahan bagi warga binaan pemasyarakatan atau WBP untuk cepat bebas, tetapi merupakan instrumen dan wahana normatif untuk meningkatkan kualitas pembinaan, mendorong motivasi diri sehingga WBP mempunyai kesempatan, kesiapan budaya adaptasi tinggi dalam proses Reintegrasi Sosial.

“Selain itu, melakukan internalisasi dan implementasi nilai-nilai pembinaan yang diperoleh sebagai modal untuk kembali ke lingkungan masyarakat secara tepat dan nyata,” jelasnya.

Ditambahkannya, bertepatan dengan peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Pemerintah memberikan remisi kepada 134.430 orang Narapidana dan Anak, dimana sebanyak 2.491 orang dinyatakan langsung bebas. Selamat atas remisi tahun ini bagi seluruh WBP di Lapas, Rutan, ataupun LPKA di seluruh Indonesia. Pihaknya berpesan, tunjukan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan dimasa yang akan datang.

“Terlebih, khususnya bagi WBP yang mendapat remisi dan sekaligus memperoleh kebebasan untuk kembali ke tengah keluarga, saya juga mengucapkan selamat menjalani kebersamaan ditengah keluarga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, mengatakan bahwa sebanyak 96 WBP di Rutan Krui yang mendapat remisi umum dalam rangka peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI tersebut berdasarkan keputusan Menkumham RI nomor : PAS-880.PK.01.05.06 tahun 2021 tentang pemberian remisi umum tahun 2021 Menkumham RI. Dari jumlah WBP Rutan Kelas IIB Krui yang mendapat remisi umum itu dengan rincian RU I sebanyak 85 orang dengan besaran remisi rata-rata 1-4 bulan.

“Sedangkan untuk RU II (langsung bebas) sebanyak 11 orang termasuk WBP yang telah menjalani asimilasi sebelumnya. Rata-rata semua WBP yang mendapat remisi umum itu terlibat dari berbagai kasus baik narkotika, pencurian, penganiayaan, perlindungan anak, dan kasus lainnya,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait