Kak Seto Beri Tips Mujarab Saat Anak Mulai Bosan di Rumah Aja, Intip Yuk!

  • Whatsapp
foto ilustrasi

Medialampung.co.id – Physical Distancing atau jaga jarak sehingga banyak orang  di rumah aja mulai terasa menjenuhkan bagi banyak orang. Terlebih bagi anak, di rumah aja membuat mereka tidak hanya bosan, tapi juga rewel dan mudah marah.

Namun, sebetulnya ada cara menarik untuk mengatasi itu. Psikolog Anak Dr. Seto Mulyadi, S.PSi, M.Si mengatakan para orang tua memang perlu bersabar menghadapi perilaku dan perasaan anak-anak agar jangan mudah marah.

“Para ayah dan bunda harus bisa menjadi sahabat anak. Jangan sampai saat mereka belajar di keluarga, anak sampai stres karena orang tua tidak sabar,” ujar laki-laki yang akrab disapa Kak Seto ini di Graha BNPB, Jakarta Timur.

Ia mengatakan agar anak tidak mudah marah dan rewel saat di rumah orang tua harus kreatif. Misalnya saja menyampaikan pelajaran dengan dongeng.

“Untuk hadapi anak-anak sediakan kekuatan sabar yang sangat berlimpah, meningkatkan kreativitas, dongeng ada boneka,” ungkap Kak Seto.

Jika tidak bisa memakai dongeng, atau sudah bosan, orang tua bisa mengajari kembali menggunakan edukasi sulap yang biasanya disukai anak-anak. Ada banyak trik dan alat sulap sederhana yang bisa dibuat atau dibeli, jika mempelajarinya melalui internet.

“Bisa juga pakai sulap. Dibutuhkan kreativitas membuat mereka memperhatikan dengan alat sulap sederhana, semua bisa dilakukan sederhana dan disiplin,” jelasnya.

Di sisi keluarga dan orang tua di rumah punya peran penting mencegah penularan virus corona atau Covid-19 semakin luas, dengan memastikan anak dan anggota keluarga lain tidak keluar rumah, jika dirasa tidak perlu.

“(Ajarkan pada anak) jadi pahlawan buat diri sendiri, seperti contoh pahlawan raden gatotkaca. Ayah dan bunda perlu menjadi satu supaya kita memenangkan dari corona ini,” tutup Kak Seto. (suaracom/mlo)



Pos terkait