Kampanye Pilkada, Konser Musik Hingga Bazar Diperbolehkan

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengizinkan konser musik digelar saat kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020. Hal itu tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (PKPU) RI No.10/2020 tentang perubahan atas PKPU No.6/2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota serentak lanjutan dalam kondisi bencana non alam Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Anggota KPU Pesbar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zairi Opani, mengatakan PKPU No.10/2020 itu telah ditetapkan pada 31 Agustus 2020 dan diundangkan pada 1 September 2020 lalu. Selain itu, KPU Pesbar telah mensosialisasikan PKPU No.10/2020 kepada seluruh partai politik dan Liaison Officer (LO) bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Dalam PKPU No.10/2020 itu untuk menggelar konser musik diperbolehkan saat kampanye Pilkada yang dilakukan oleh pasangan calon,” katanya, Minggu (20/9).

Dijelaskannya, dalam PKPU No.10/2020 terutama pada Pasal 63 ayat (1) disebutkan beberapa kegiatan yang tidak melanggar larangan kampanye, antara lain rapat umum, kegiatan kebudayaan berupa pentas seni, panen raya, dan/atau konser musik, hingga kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai.

“Kemudian, kegiatan perlombaan, kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah, kemudian peringatan hari ulang tahun Partai Politik dan/atau melalui Media Sosial,” jelasnya.

Sedangkan, lanjutnya, pada ayat (2) dalam aturan itu juga dijelaskan kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan membatasi jumlah orang sebanyak 100 orang, serta tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan dan pengendalian Covid-19, serta berkoordinasi dengan perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan di bidang kesehatan dan/atau Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat.

“KPU Pesbar tentunya mengikuti dan mengacu pada aturan dari KPU RI, karena itu kita berharap dapat menjadi perhatian semua pihak, sehingga dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 nanti tidak terkendala,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait