Kampung Bandardalam Maksimalkan Pemanfaatan Dana Desa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam melaksanakan Pembangunan di Kampungnya, Ibrahim, Kepala Kampung Bandardalam Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Waykanan, selalu mengedepankan asas manfaat, demikian pula pada pemanfaatan Dana Desa (DD), ia upayakan bermanfaat bagi semua warga Kampungnya.

Menurut Ibrahim, pada tahun 2020 dari Anggaran Dana Desa (ADD) Kampung Bandardalam diambil beberapa persen untuk membantu meringankan beban hidup masyarakatnya yang kurang mampu, tentunya yang terdampak Covid-19 (Corona), yang sering disebut Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD).

Bacaan Lainnya


Terhitung sejak April sampai dengan Juni sebanyak 161 KPM menerima BLT-DD senilai Rp 600.000/bulan. Kemudian untuk yang Rp 300.000/bulan, mulai dari Juli sampai September penerima masih tetap 161 KPM. Namun untuk yang 161 ini hanya menerima sampai bulan Desember saja.

“Untuk bulan Oktober sampai Desember penerima BLT-DD hanya 54 KPM mengingat warga kita masih belum merata yang mendapat bantuan tersebut. Maka dari itu kami selaku aparat Kampung mendata ulang, Dan dan ternyata sisa Dana Desa (DD) hanya mampu untuk memberikan bantuan dengan jumlah 54 Kpm saja,” kata Ibrahim.

Selain itu lanjut Ibrahim, untuk melancarkan sarana transportasi masyarakat, Pemerintah Kampung Bandardalam juga meningkatkan pembangunan infrastruktur jalan menggunakan Dana Desa (DD) yakni;

  1. Pembangunan jalan onderlagh dengan ukuran panjang 1 kilometer (KM) yang terletak di dua titik, yaitu, di dusun 3 dan dusun 7 Kampung Bandardalam.
  2. Pembangunan siring pasang dengan ukuran panjang 302 meter (M) yang terletak di dusun 3 Kampung Bandardalam.
  3. Pembangunan gedung Posyandu dengan ukuran panjang 7 meter dan lebar 7 meter (7×7 m/persegi) yang terletak di dusun 4 Kampung Bandardalam, tepatnya di samping Balai Kampung Bandardalam.

“Pembangunan ini merupakan hasil musyawarah mufakat antara Pemerintah Kampung dan masyarakat setempat, yang dibahas pada Musrembang tingkat Kampung, juga merupakan aspirasi dari masyarakat, bukan atas kemauan kami pribadi selaku Kepala Kampung,” tegas Ibrahim.

“Semoga pembangunan tahun ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Tentunya untuk gedung Posyandu yang baru ini, agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada balita, sehingga kesehatan pada balita dapat diketahui secara berkala. Sekaligus menjadi sebagai alat motivator masyarakat agar selalu memeriksakan balitanya,” imbuh Ibrahim

“Atas nama Pemerintah Kampung Bandardalam sekaligus mewakili kawan-kawan aparatur Kampung mengucapkan banyak terimakasih kepada warga saya yang telah mendukung dan berperan serta dalam memajukan Kampung yang kita cintai. Mari bersama-sama kita menjaga dan merawat pembangunan yang ada di kampung kita ini,” tambahnya.(wk1/mlo)




Pos terkait