Kampung Gedung Menang Galakkan Posyandu Untuk Sehatkan Warganya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Untuk menggapai kesehatan warganya sedini mungkin, Dedek Radika, Kepala Kampung Gedung Menang Kecamatan Negeri Agung Waykanan menggalakkan Posyandu di setiap dusun, sehingga kesehatan anak-anak khususnya balita dan lansia dapat dikontrol dengan baik. 

“Posyandu sudah dikenal sejak lama sebagai pusat pelayanan kesehatan dasar bagi ibu hamil, Lanjut usia, bayi dan balita. Dan peran Posyandu dj era digital ini tetap tidak tergantikan dan bahkan dituntut untuk mampu menyediakan informasi kesehatan secara lengkap sehingga menjadi sentral kegiatan kesehatan masyarakat,” ujar Dedek Radika 

Bacaan Lainnya

Dalam pada itu, Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

Kegiatan Posyandu yang dilaksanakan oleh para kader posyandu dan tenaga medis (Bidan) Kampung Gedung Menang guna mengetahui tumbuh kembang kesehatan pada bayi, balita dan ibu hamil dengan imunisasi penimbangan dan pengukuran tinggi badan serta memberikan sosialisasi mengenai Penyuluhan dalam mematuhi protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19. 

Bidan Desa Kampung Gedung Menang Ari Triamanah Tenaga medis (Bidan Kampung Gedung Menang) Mengatakan Tujuan dari posyandu ini adalah untuk menurunkan angka kematian bayi, balita dan angka kelahiran agar terwujud keluarga kecil bahagia dan sejahtera. 

“Pos pelayanan terpadu posyandu ini merupakan wadah titik temu antara pelayanan profesional dari petugas kesehatan dan peran serta masyarakat dalam menanggulangi masalah kesehatan masyarakat, terutama dalam upaya penurunan angka kematian bayi dan angka kelahiran,” ujar Ari Triamanah. 

Dia berharap dalam penelitian posyandu ini dapat memberikan manfaat bagi Masyarakat, Pemerintah Kampung, Puskesmas, Kecamatan, Lintas sektor serta dinas terkait dalam meningkatkan pelaksanaan posyandu dan dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu Kebijakan Publik, Pelayanan Publik, dan pengembangan ilmu lainnya. (sah/mlo)


Pos terkait