Kampung Gunung Pekuon Realisasikan Program Pamsimas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kampung Gunung Pekuon Kecamatan Gunung Labuhan telah merealisasikan Program Pamsimas yang bersumber dari bantuan pemerintah Kabupaten Waykanan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih di daerah setempat.

Pejabat Kepala Kampung setempat Evana Dewi, SE., mengatakan, Pemerintah Kabupaten Waykanan yang telah mengalokasikan dana guna memenuhi kebutuhan air bersih melalui program Pamsimas di kampungnya memang tepat sasaran dan sangat bermanfaat.

Bacaan Lainnya

“Syukur alhamdulillah kampung kita mendapatkan pembangunan Pamsimas lanjutan dari pemerintah Kabupaten dan saya rasa untuk kampung Gunung Pekuon memang tepat sasaran, karena masyarakat memang sangat sangat kekurangan air bersih,” ujar Evana Dewi.

Program Pamsimas sendiri merupakan instrumen pelaksanaan dua agenda nasional untuk meningkatkan cakupan penduduk terhadap pelayanan air minum yang layak berkelanjutan.

“Untuk kampung Gunung Pekuon, program pamsimas telah kami realisasikan 100 %, dan akhirnya saat ini telah mengalir atau telah disalurkan ke rumah-rumah warga,” ucapnya.

Lebih lanjut, Evana Dewi mengatakan, Pamsimas merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat, di samping untuk meningkatkan penerapan nilai serta perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan pembangunan berbasis masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan ini dapat membantu masyarakat kami, namun saya juga berharap agar warga dapat menjaga hasil pembangunan ini dengan baik seakan-akan milik pribadi sehingga mani matinya akan lebih lama dan lebih nyaman serta aman,” imbuhnya.

Pernyataan penjabat kepala kampung gedung pakuan tersebut dibenarkan oleh Andi Andi, salah Seorang warga Evana yang sudah merasakan manfaat dari program Pamsimas

“Terus terang selama ini kami sangat kekurangan pasokan air bersih apalagi di musim kemarau, namun melalui program Pamsimas ini kebutuhan kami akan air bersih dapat terpenuhi dengan baik sekaligus hal ini juga dapat meningkatkan taraf hidup dan kesehatan masyarakat Kampung Gunung Pekuon, ini juga tentunya tidak terlepas daripada kejelian pemerintah serta atas kerja keras penjabat kepala kampung guna merealisasikannya,” tutur Andi.

Pamsimas yang dikerjakan langsung oleh kelompok kerja masyarakat (KKM) Gunung Pekuon yakni “Pekuon Makmur” dengan total Nilai Dana Rp.150.931.000 yang terdiri dari Sumber dana dari APBN senilai Rp.120.744.000 dan yang bersumber dari IN-KIND (swadaya) yaitu senilai Rp. 24.150.000 serta IN-CASH (tunai) senilai Rp.6.037.000 yang dikerjakan dalam tempo 120 hari (Dua Bulan) dan telah 100% terealisasi.(wk1/mlo)


Pos terkait