Kampungjawa Serahkan Buku Tulis Untuk 560 Siswa

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Kampungjawa Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), Kamis (17/6) membagikan buku tulis secara gratis kepada seluruh pelajar baik tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang merupakan warga setempat.

Hadir dalam kegiatan yang dipusatkan di Balai Pekon Kampungjawa itu Peratin setempat, Arief Mufti, perwakilan Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TPP-P3MD), Darma Saputra, S.T., Bhabinkamtibmas, perwakilan Lembaga Himpun Pekon (LHP) serta orangtua/wali murid dan undangan terkait lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Peratin Pekon Kampungjawa, Arief Mufti, menyampaikan bahwa pembagina buku tulis secara gratis itu merupakan tahun kedua yang diterapkan oleh Pekon setempat sejak tahun 2020 lalu, kini program tersebut kembali digulirkan dan dibiayai melalui sumber anggaran Dana Desa (DD) tahun 2021.

“Pembagian buku tulis secara gratis untuk siswa di Pekon Kampungjawa ini merupakan salah satu program Pekon dalam upaya mendukung peningkatan bidang pendidikan,” katanya.

Dijelaskannya, hingga kini ada empat Program yang masih menjadi prioritas Pekon dalam rangka pemberdayaan masyarakat tersebut dengan total anggaran keseluruhan sekitar Rp300 juta lebih, antara lain bidang kesehatan yakni program Kartu Pekon Sehat dimana setiap warga kurang mampu mendapat bantuan iuran untuk BPJS kesehatan. 

Kemudian, di bidang pendidikan yakni penyerahan buku tulis gratis yang kini sudah direalisasikan serta pemberian tali asih bagi siswa asal Pekon Kampung Jawa ini yang lulus seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Selain itu, sebagai upaya mendukung perekonomian masyarakat, juga untuk pengembangan usaha di masyarakat, kita ada program untuk memberikan bantuan bagi kelompok UMKM,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk semua program yang ada di Pekon Kampung Jawa seperti pembagian buku tulis gratis ini tentu kedepan akan tetap menjadi program rutin karena memang cukup membantu untuk meringankan beban masyarakat terutama dalam memenuhi perlengkapan kebutuhan sekolah.

“Mudah-mudahan kedepan dalam pelaksanaan program ini bisa terus dilaksanakan dan tidak terkendala. Kita juga mengimbau masyarakat untuk bersama-sama tetap menjaga kekondusifan yang ada di Pekon ini,” ujarnya.

Sementara itu, perwakilan dari TPP-P3MD Pesbar, Darma Saputra, mengatakan semua program yang ada di Pekon Kampung Jawa ini tentunya telah sesuai dengan regulasi yang ada. Bahkan, masuk dalam kriteria program yang ada pada SDG’s Desa tahun 2021, dalam hal ini program untuk rencana berkelanjutan. Seperti program kartu sehat Pekon, bantuan UMKM dan sebagainya.

“Bahkan program pembagian buku tulis terhadap siswa di Pekon ini juga masuk dalam program SDG’s Desa di bidang Pendidikan, karena itu kita cukup mengapresiasi dengan adanya inovasi tersebut,” tandasnya.

Diketahui, buku tulis yang disiapkan oleh Pekon tersebut sebanyak 10 ribu buah, yang dibagikan kepada 560 siswa dengan rinciannya yakni SD sebanyak 290 siswa, setiap siswa akan mendapat 15 buah buku tulis. Kemudian, SMP dan SMA masing-masing sebanyak 135 siswa dan setiap siswa mendapat 24 buah buku tulis.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait