Kanker Dapat Dicegah, Berikut Deretan Makanan Pencegah kanker

  • Whatsapp

Medialampung.co.id  – Kanker merupakan penyakit yang tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan akan terjadinya ‘ledakan’ jumlah pengidap kanker di dunia pada tahun 2030.

Meski memang belum ada yang namanya makanan yang benar-benar mencegah kanker, namun ada deretan makanan yang bisa memberikan perlindungan pada tubuh dari kanker bila dikonsumsi rutin.

Bacaan Lainnya



Faktanya, hampir 40 persen kanker bisa dicegah. Salah satunya adalah kanker payudara. Oleh karena itu, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah kuncinya. Mengonsumi makanan-makanan berikut bisa membantu mencegah si sel kanker ganas berkembang dalam tubuh.

Berikut deretan makanan yang diklaim bisa mencegan kanker, seperti dikutip dari Mirror UK:

Apel

Apel merupakan sumber serat dan vitamin C terbaik. Komponen terpenting yang bisa membantu melawan sel kanker adalah quercetin, senyawa kimia yang dapat mengurangi inflamasi tubuh dan menghentikan kerusakan sel. Sebuah studi tahun 2016 di Italia menemukan bahwa mengonsumsi setidaknya satu buah apel sehari dapat mengurangi risiko kanker paru sebanyak 25 persen.

Tomat

Senyawa likopen dalam tomat, yakni sebuah zat antioksidan yang memberikan warna merah pada tomat, diklaim dapat melawan sel kanker. Sejumlah studi mengungkapkan bahwa antioksidan dapat menurunkan risiko kanker prostat pada lelaki meski belum diketahui seberapa banyak yang dibutuhkan agar efektif, atau hanya memang efektif pada lelaki saja.



Pos terkait