Kantor Pertanahan Pesbar Lakukan Pembinaan PPATS

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perwakilan kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar pembinaan terhadap Camat selaku Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) se-Kabupaten Pesbar, sekaligus sosialisasi dalam rangka persiapan hak tanggungjawab elektronik yang dipusatkan di ruang pertemuan losmen sunset beach Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (10/7).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan kantor Pertanahan Kabupaten Pesbar, Seto Apriyadi, S.ST., M.H., kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pesbar, Kasmir, S.Sos., Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Pesbar, Sukmawati, S.Sos., serta seluruh Camat se-Kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



Dalam kesempatan itu, Seto Apriyadi, mengharapkan kerjasama semua pihak terutama Camat dan juga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab setempat, sehingga seluruh pelaksanaan program yang ada pada perwakilan kantor pertanahan Pesbar dan pemerintah pusat dapat berjalan dengan baik.

“Karena dengan meningkatkan kerjasama itu, kedepan akan berdampak pada peningkatan sumber Pendapatan Daerah (PAD) di Kabupaten Pesbar,” katanya.

Dijelaskannya, Camat memiliki peran penting karena di wilayah Kecamatan sebagai PPATS, untuk itu semua kegiatan pertanahan diharapkan dapat terus dikoordinasikan sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa lebih maksimal. Termasuk dalam pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) diharapkan dapat terus maksimal.

“Seperti semua persiapan kelengkapan berkas administrasi dan lainnya harus benar-benar dilengkapi, sehingga tidak menjadi kendala,” jelasnya.

Masih kata dia, untuk realisasi pembuatan sertifikat melalui program PTSL di tahun anggaran 2020 ini mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan segera dibagikan kepada masyarakat. Kedepan perwakilan Kantor Pertanahan Pesbar ini juga bukan hanya memberikan sertifikat saja, melainkan data lengkap seperti peta dan sebagainya kepada Pemkab setempat.

“Dalam pelaksanaan PTSL kita juga masih menemukan berbagai kendala, salah satunya masyarakat yang belum mengirimkan berkas seperti AJB dan sebagainya,” katanya.

Karena itu, kata dia, kedepan diharapkan hal itu juga dapat disampaikan kepada masyarakat. Terlebih di tahun 2021 mendatang di wilayah Pesbar ini juga akan kembali ada program PTSL tersebut dan mudah-mudahan nanti banyak potensinya. Pihaknya berharap Camat dapat membantu sehingga program PTSL nanti bisa berjalan dengan baik.

“Tahun 2020 ini kita mendapat kuota untuk program PTSL itu sebanyak 5.000 bidang, mudah-mudahan tahun berikutnya bisa lebih banyak lagi,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait