Kapolres Lamteng Ajak Santri Mengenang Sejarah

  • Whatsapp
Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto

Medialampung.co.id – Hari Santri 22 Oktober 2020 diperingati secara bersama-sama dengan tema Santri Sehat, Indonesia Kuat di Masjid Istiqlal Bandarjaya, Kecamatan Terbanggibesar, Lampung Tengah.

Kapolres Lamteng AKBP Popon Ardianto mengajak para santri untuk mengenang sejarah perjuangan para santri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia 75 tahun lalu.

Bacaan Lainnya

“Kepada para santri di Lamteng, saya mengajak untuk mengenang atau kilas balik  75 tahun lalu. Di mana Panglima Besar Jenderal Sudirman mengirimkan utusannya untuk menemui kyai di Jombang untuk menanyakan fatwa apa hukumnya santri ikut bela negara,” katanya.

Pengasuh Ponpes Al Hikmah, Kampung Negarabumi Ilir, Kecamatan Anaktuha, sekaligus Ketua PW IK-DMI Lampung Gus Dimyathi melanjutkan bahwa bahwa para kyai sepakat santri ikut bela negara merupakan jihad fisabilillah.

“Para kyai bersepakat bahwa santri ikut bela negara merupakan jihad fisabilillah dan hukumnya fardhu ain. Ini untuk menjaga jiwa, harta, dan kehormatan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Ketua IK-DMI Lamteng Ustad Abdul Halim menambahkan bahwa santri sami’na wa atho’na.

“Santri sami’na wa atho’na. Bertaruh jiwa raga untuk mengusir para penjajah pasukan NICA dari bumi nusantara,” ungkapnya. (sya/mlo)




Pos terkait